Nasib Garansi Motor 4-tak yang Pakai Knalpot 2-tak - Kompas.com

Nasib Garansi Motor 4-tak yang Pakai Knalpot 2-tak

Kompas.com - 19/09/2018, 08:02 WIB
Viral modifikasi knalpot 2-tak dipakai di skutik 4-takInstagram/Agoez_bandz Viral modifikasi knalpot 2-tak dipakai di skutik 4-tak

JAKARTA, KOMPAS.com - Viralnya modifikasi knalpot 2-tak yang digunakan pada motor 4-tak mengundang reaksi warga net. Dari postingan di media sosial ternyata sudah banyak yang menggunakan ide ini untuk motor hariannya.

Pertanyaannya, bagaimana dengan garansi yang diberikan produsen sepeda motor dengan ubahan ini? Sebab jenis knalpot tersebut jelas bukan untuk digunakan di motor 4-tak.

"Tidak menggugurkan garansi secara keseluruhan unit motor. Hanya komponen yang terkait dengan penggantian knalpot saja," ucap General Manager Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) Wedijanto Widarso saat dihubungi Kompas.com, Selasa (17/9/2018).

Dari foto yang viral tersebut terlihat untuk menggunakan knalpot 2-tak menggunakan tambahan rangka besi untuk menopang knalpot tersebut. Tidak diketahui modifikasi apa yang dilakukan di bagian leher knalpot untuk menyambung ke bagian mesin.

Jika ada kerusakan pada komponen tambahan tersebut tentu tidak masuk dalam garansi yang diberikan ATPM. Termasuk kerusakan yang timbul selama penggunaan knalpot tersebut.

Baca juga: Bebek 2-Tak yang Pernah Jadi Idola ABG 90-an

Ragam knalpot racing untuk sepeda motorSetyo Adi/Otomania Ragam knalpot racing untuk sepeda motor

Wedijanto mengingatkan desain knalpot sudah disesuaikan dengan mesin sepeda motor. Tentu akan ada efek yang didapat dari modifikasi aneh seperti ini.

"Efeknya apa, kemungkinan tenaga turun. Karena kalau mengurut prosesnya, gas buang harusnya dibuang langsung, ini malah ditampung dulu," ucap Wedijanto.

Postingan modifikasi ini pun mendapat tanggapan banyak warganet. Banyak yang menyayangkan keputusan pemilik skutik tersebut menggunakan knalpot tersebut sebab motor yang digunakan masih terhitung baru. Ada juga yang mengungkapkan pengguna skutik berknalpot 2-tak belum bisa beralih ke mesin 4-tak.

"Memang kemungkinannya karena bentuknya yang menarik atau mereka belum pernah memakainya di jamannya 2-tak jadi dipakai saat ini," ujar Wedijanto.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Penampakan motor baru nih Honda Vario 150 mesin 2Tak... ????????

A post shared by Agoez Bandz (@agoez_bandz) on Sep 17, 2018 at 7:17am PDT



Close Ads X