Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rahasia Morris Klasik Masih Sanggup Jalan Jauh

Kompas.com - 28/08/2018, 12:22 WIB
Alsadad Rudi,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Komunitas Jakarta Morris Club (JMC) mengadakan touring pada 17-20 Agustus 2018. Tercatat ada 20 mobil yang berpartisipasi menempuh perjalanan dari Jakarta ke Yogyakarta. Dari Yogyakarta, ada empat mobil yang kemudian melanjutkan kembali perjalanannya sampai Bali.

Meski mobil-mobil Mini klasik yang dipakai sudah lawas, tak ada kendala berarti yang dialami para anggota JMC selama di perjalanan. Padahal seluruhnya masih menggunakan mesin asli.

Hanya satu mobil yang sempat mengalami sedikit masalah saat melewati jalan terjal di Wonosobo. Namun berkat bantuan anggota lainnya, mobil tersebut dapat kembali melanjutkan perjalanan.

Baca juga: Komunitas Mini Cooper Klasik Peringati Hari Kemerdekaan

Mobil-mobil Mini klasik para anggota Jakarta Morris Club (JMC) singgah di Yogyakarta dalam rangkaian touring JMC 2018 pada 17-20 Agustus 2018.JMC Mobil-mobil Mini klasik para anggota Jakarta Morris Club (JMC) singgah di Yogyakarta dalam rangkaian touring JMC 2018 pada 17-20 Agustus 2018.

Ketua JMC Uut Ananta menyatakan nyaris tak adanya kendala yang ditemui anggota JMC tak lepas dari perawatan dan persiapan yang matang sebelum touring. Terutama menyangkut segala hal yang berkaitan dengan sektor mesin dan kaki-kaki.

"Terutama kaki-kaki mobil seperti bearing roda harus dicek. Fan belt juga harus dipastikan masih dalam kondisi normal," kata Uut kepada Kompas.com, Senin (27/8/2018).

Tak hanya itu, Uut juga menyebut setiap akan memulai perjalan, pengecekan terhadap air radiator dan oli mutlak dilakukan.

"Setiap pagi sebelum jalan lagi, harus dipastikan air radiator dan oli sesuai dengan kebutuhan," ucap Uut.

Baca juga: Puluhan Mini Morris Libas Jakarta-Bali

Mobil-mobil Mini klasik yang mengikuti touring Jakarta-Bali dalam rangkaian Touring Jakarta Morris Club (JMC) 2018 pada 17-20 Agustus 2018. JMC Mobil-mobil Mini klasik yang mengikuti touring Jakarta-Bali dalam rangkaian Touring Jakarta Morris Club (JMC) 2018 pada 17-20 Agustus 2018.

Salah seorang peserta touring, Dina Hidayati merupakan salah satu anggota JMC yang ikut sampai ke Bali. Ia belum lama ini baru selesai melakukan restorasi terhadap Mini Moke warna hitam yang dikendarainya sendiri dari Jakarta hingga Bali.

"Selain menguji ketangguhan kendaraan, perjalanan jauh ini menjadi kesempatan mengenal kendaraan lebih intim," ujar Dina.

Baca juga: Siasati Aksesori Mini Klasik, dari Termahal hingga Termurah

Touring yang diadakan para anggota JMC dilakukan untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan ke-73 RI. Tak hanya itu, touring tersebut juga diadakan untuk memperingati perayaan 59 tahun peluncuran Mini Morris di Inggris.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com