Viral, Kelakuan Pengendara Motor Minta Surat Tugas Polisi - Kompas.com

Viral, Kelakuan Pengendara Motor Minta Surat Tugas Polisi

Kompas.com - 27/08/2018, 07:43 WIB
Polisi berdebat dengan pengendara motor.Bidik Layar Facebook Krisna Wahyudi Polisi berdebat dengan pengendara motor.

JAKARTA, KOMPAS.com — Akhir pekan lalu warganet dibuat kesal dengan rekaman ulah seorang pengendara yang kedapatan dalam operasi lalu lintas. Video yang viral tersebut memperlihatkan pemuda yang menaiki sepeda motor diberhentikan oleh petugas kepolisian dan meminta surat tugas.

Petugas kepolisian yang menghentikan pengendara tersebut menerangkan tugasnya untuk memeriksa kelengkapan surat kendaraan yang dibawa pengendara motor. Itu dilakukan secara acak untuk mengetahui kesiapan pengendara motor.

Namun, dia bersikeras tidak memperlihatkan surat-surat miliknya sebelum petugas kepolisian memperlihatkan surat tugas. Dia berdalih mendapat pengetahuan tersebut dari saudaranya.

Adu argumen pun terjadi antara pengendara tersebut dengan petugas kepolisian. Petugas tidak ingin memperlihatkan terlebih dulu surat tugasnya sebelum pemuda tersebut memperlihatkan surat-suratnya.

Sambil berusaha menelepon seseorang, pengendara tersebut terus bersikeras untuk meminta petugas kepolisian memperlihatkan surat tugasnya. Polisi pun tetap meminta menunjukkan surat-suratnya bila tidak merasa bersalah.

Baca juga: Soal Hak Meminta Surat Tugas Kepolisian, Perhatikan Ini

Polisi yang sedikit jengkel melihat ulah pengendara itu, hingga akhirnya memperlihatkan surat tugas. Ternyata si pemuda kedapatan tidak membawa SIM.

"Hah wakwaw ini engga punya SIM," ucap polisi tersebut.

Akibatnya, si pemuda harus menyerahkan STNK miliknya dan dirinya mengakui kesalahannya. Ia pun menanyakan bagaimana cara menebus STNK tersebut kepada petugas kepolisian.

Video yang direkam oleh IN TV ini kemudian viral dan memancing respons warganet. Banyak yang jengkel dengan ulah pemuda tersebut yang ternyata hanya mencari-cari alasan untuk menutupi kesalahannya tidak memiliki SIM.

"Mau polisi lebih dahulu menunjukkan surat tugas atau ga kek, kalau yang bertugas saat itu meminta kita untuk melihat kelengkapan surat-surat berkendara kita yaudah kasih liat aja..kalau lengkap dan sesuai ketentuan juga nanti dibalikin lagi pasti, buat segala urusan jadi mudah aja..sama2 kita semua belajar menjadi warga negara yang baik, tertib segala aspek dan ketentuan hukum..intinya itu si pengendara belajar dari TK sampai bangkotan apa aja yang dipelajari aduh2," ucap akun @jkv46 mengomentari video yang tengah viral.

Sebagian besar netizen mengetahui hak untuk menanyakan surat tugas kepolisian dalam bekerja, tetapi dibarengi dengan kewajiban memiliki kelengkapan surat-surat kendaraan setiap berkendara. Untuk kasus ini netizen nampak gemas dengan pemuda yang banyak alasan.

Video yang diunggah Minggu (26/8/2018) tersebut sudah ditonton 31.741 kali dengan ratusan komentar warganet.


Terkini Lainnya


Close Ads X