Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini yang Wajib Dilakukan saat Pertama Beli Helm

Kompas.com - 31/07/2018, 12:25 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belakangan penggemar helm bermunculan di berbagai kota di Indonesia. Ada yang memilih merek lokal ada juga yang memilih merek impor untuk menyamai dengan helm yang digunakan pebalap andalan di MotoGP.

Untuk memilih helm yang tepat ada baiknya mengetahui ukuran yang kepala terlebih dahulu. Dua hal yang paling penting sebelum membeli helm adalah ukuran helm dan tipe helmnya.

"Untuk mudahnya, pakai meteran baju. Dari jidat tengah, titik di atas kedua mata, tarik meteran melingkar ke belakang sampai bertemu titik awal. Setelah ketemu ukurannya berapa sentimeter. Biasanya Small 55 sampai 56 cm, Medium 57 sampai 58 cm, Large 59 sampai 60 dan XL 61 sampai 62 cm," ucap salah satu pendiri komunitas pecinta helm Belajar Helm Salcomo Eato saat ditemui beberapa waktu lalu.

Namun standar ukuran tersebut berbeda di tiap pabrikan helm. Ada beberapa merek helm ukurannya perlu dinaikkan beberapa tingkat karena masih terlalu kecil .

Baca juga: Rossi Bawa Desain Helm Baru di Mugello, Lebih Patriotik

Untuk itu Eato menyarankan untuk pembelian pertama dari merek dan tipe helm tertentu, pengguna wajib datang dan mencoba. Kalau pernah mencoba milik orang lain terlebih dahulu dan dirasa pas, tinggal mencari merek dan tipe yang sama seperti yang pernah di coba.

"Jadi untuk pertama kali tidak disarankan beli melalui online. Harus datang lihat ke toko, coba langsung. Atau kalau punya teman helmnya boleh dicoba, bisa dicoba dulu. Karena sebenarnya terlalu sempit atau terlalu longgar penggunaan helm tidak bagus," ucap Eato.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com