Suspensi Yamaha Byson Laris buat Motor Modifikasi - Kompas.com

Suspensi Yamaha Byson Laris buat Motor Modifikasi

Kompas.com - 27/07/2018, 13:46 WIB
Salah satu shock depan bekas Yamaha Byson yang dijual di salah satu situs jual beli online.Tokopedia Salah satu shock depan bekas Yamaha Byson yang dijual di salah satu situs jual beli online.

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain yang dibuat custom, komponen yang biasanya diperlukan untuk kebutuhan modifikasi sepeda motor adalah hasil comotan dari motor lain. Salah satu bagian yang mutlak diperlukan d iantaranya adalah suspensi depan.

Untuk modifikasi motor sport kelas menengah, pergantian shockbreaker depan umumnya dibutuhkan agar motor bisa menggunakan pelek dan ban berukuran besar. Biasanya dilakukan untuk motor-motor sejenis Honda Tiger, Honda Mega Pro atau Yamaha Scorpio.

Suspensi depan pengganti yang dianggap paling sempurna untuk keperluan modifikasi adalah bekas moge. Namun jenis ini biasanya relatif sulit didapat. Kalaupun ada, harganya biasanya relatif mahal.

Baca juga: Biaya Minim Ubah Megapro Jadi Scrambler Tracker

Yamaha Byson Warna Barudok.Yamaha Yamaha Byson Warna Baru

Untuk menyiasati hal itulah, modifikator biasanya banyak menggunakan shock dari motor menengah yang relatif mudah didapat. Dari sekian banyak motor, suspensi Yamaha Byson jadi alternatif.

Builder Bengkel Om Klasik di Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Lambok Siahaan menyebut, shock Byson banyak dipilih karena cocok dengan pelek berukuran besar. Karena itu jika mendapat order untuk mengerjakan modifikasi bergaya scrambler atau Street Tracker, Lambok cenderung memilih suspensi Byson.

"Ini kalau pakai yang asli, enggak bakal muat. Jadi digantinya pakai punya Byson yang ukurannya lebih lebar," kata Lambok saat ditemui Kompas.com, Rabu (25/7/2018).

Baca juga: Buang Jenuh Tampilan Tiger dengan Gaya Scrambler

Pengakuan serupa juga disampaikan pemilik Honda Tiger bergaya Scrambler, Popon. Saat menyerahkan garapan motornya ke Baru Motor Sport, Palmerah, Jakarta Pusat, shock pengganti yang digunakan di motor Popon juga adalah shock asli Byson.

Modifikasi bergaya scrambler pada Honda Tiger 2004.Kompas.com/Alsadad Rudi Modifikasi bergaya scrambler pada Honda Tiger 2004.

Hal yang sama juga dilontarkan builder bengkel Clacustique di Tanah Baru, Depok, Maiyudi. Saat mengerjakan modifikasi Megapro bergaya Street Tracker, Maiyudi juga menggunakan shock depan Byson untuk menggantikan bawaan Megapro.

Selain mudah didapat, Maiyudi menyebut penggunaan shock Byson juga bisa lebih menghemat biaya. Apalagi untuk modifikasi berbiaya minim.

"Kalau pakai punya moge mahal. Kalau mau lebih hemat mending pakai Byson," ujar Maiyudi.

Baca juga: Akali Modif Motor Retro Lebih Hemat Biaya

Harga shock bekas Byson bervariasi sesuai kondisi. Di situs jual beli online, harganya ditawarkan mulai dari Rp 800.000 juta hingga Rp 1,5 juta.


Komentar
Close Ads X