Teknik Antislip Saat Melintasi Jalan Tercecer Solar - Kompas.com

Teknik Antislip Saat Melintasi Jalan Tercecer Solar

Kompas.com - 28/06/2018, 15:02 WIB
Ilustrasi kecelakaan motorgas2.org Ilustrasi kecelakaan motor

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi pengendara sepeda motor potensi kecelakaan di jalan raya dapat hadir dari berbagai faktor. Salah satu penyebab adalah tumpahan cairan seperti oli dan solar yang menyebabkan pegendara terjatuh.

Penggiat keselamatan berkendara dan instruktur keselamatan DAM, Aldea Henry mengungkapkan potensi bahaya berkendara di atas permukaan yang licin.

"Ban sebagus apapun kalau bertemu permukaan jalan atau aspal yang terkena cairan oli atau solar, tidak punya daya cengkram. Akibatnya licin dan membuat terjatuh pengendara motor," ucap Aldea saat dihubungi beberapa waktu lalu.

Aldea mengungkapkan ada cara untuk menghindar jadi korban cairan licin tersebut. Pengendara dilarang menggunakan rem.

Baca juga: Begini Trik Menikung Sepeda Motor biar Tak Tergelincir

"Jangan pakai rem. Lakukan pengereman jika sudah melewati wilayah yang tidak terkena cairan solar. Biasanya pengendara tidak sadar, lalu menggunakan rem," ucapp Aldea.

Pengendara tetap mempertahankan keseimbangan saat melewati cairan tersebut. Jangan lakukan gerakan reaktif dan kurangi laju kendaraan dengan menutup putaran gas secara perlahan-lahan.

Aldea menambahkan, ini sebabnya pengendara wajib memperhatikan kondisi sekeliling dan berkonsentrasi dengan apa yang ada di depannya. Sebab jika melihat cairan solar atau minyak pencegahan paling utama adalah dengan menghindarinya.



Close Ads X