Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kembali ke Jakarta Pakai Motor Sport, Periksa Bagian Ini

Kompas.com - 20/06/2018, 09:35 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor berjenis sport kerap jadi pilihan untuk melakukan perjalanan jauh. Tidak terkecuali pilihan saat musim mudik Lebaran tahun ini.

Menyambut arus balik yang masih berlangsung hingga pekan depan, diharapkan pengendara motor memperhatikan beberapa hal sebelum melakukan perjalanan kembali ke Ibu Kota.

"Untuk motor sport baiknya periksa kondisi kampas rem, air radiator, kipas radiator, kabel kopling. Servis ringan sebelum berangkat kembali ke Jakarta," ucap mekanik kepala bengkel Pitline Motorsport, Paul saat ditemui beberapa waktu lalu.

Air radiator disarankan untuk mendapatkan perhatian karena bisa saja terjadi penguapan. Ini kerap terjadi pada motor-motor dengan usia satu sampai dua tahun lebih yang diajak berpergian jauh.

Pengecekan pada kabel kopling cukup penting karena bila bermasalah di jalan sepeda motor akan kesulitan untuk bekerja. Sempatkan untuk melakukan pengecekan dan ganti baru bila sudah terlihat berkurang kinerjanya.

Baca juga: Pilihan Sepeda Motor Sport 150 cc Juni 2018

"Kabel kopling bisa dicek dari bunyi yang dikeluarkannya. Biasanya setelah pemakaian 20 sampai 30 ribu km. Perjalanan kembali ke Jakarta bisa saja bertemu macet, kondisi jalan yang tidak terduga. Baiknya segera periksa dan ganti komponen-komponen tersebut," ucap Paul.

Pihak kepolisian sudah memperkirakan arus balik mudik tahun ini akan terbagi dua yakni 19-20 Juni serta 23-24 Juni. Petugas kepolisian menyarankan untuk pulang lebih cepat menghindari tanggal perkiraan arus balik tersebut untuk menghindari kepadatan di jalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com