Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Penyelamatan Diri Marquez saat Hampir Terjatuh di Kualifikasi

Kompas.com - 17/06/2018, 08:20 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

BARCELONA, KOMPAS.com - Usaha Marc Marquez menjadi yang tercepat di sesi kualifikasi GP Catalan, Jumat (16/6/2018) menjadi perbincangan. Pebalap Spanyol tersebut terlihat memaksakan tunggangannya hingga hampir terjatuh.

Lebih mencengangkan lagi, Marquez melakukan aksi penyelematannya pada saat di tikungan dengan kecepatan 150 kilometer per jam. Ia terlihat beberapa kali berusaha menyeimbangkan badannya untuk menyelamatkan diri agar tidak terjatuh.

"Kejadian tadi ada di tikungan terakhir. Saya kehilangan cengkraman ban depan dan saya berusaha untuk tidak terjatuh. Saya dorong motor dengan sikut dan lutut saya. Tapi saat sudah terlihat berhasil menyelematkan motor dan menuju luar lintasan, saya kehilangan cengkeraman ban depan lagi," ucap Marquez seperti dikutip MotoGP.com.

Marquez menceritakan, setang motor sudah tidak bisa digerakkan. Namun dia berhasil selamat dengan tidak terjatuh dari motor. Marquez merasa penyelamatan itu menjadi yang terbaik selama karirnya.

"Setiap kali penyelematan saya semakin baik. Saya harap besok (saat balapan) lebih mulus. Saya berusaha tidak melakukan kesalahan seperti tadi," ucap Marquez.

Baca juga: Lorenzo Ungguli Marquez, Start Terdepan di GP Catalan

Baju balap rusak

Akibat penyelamatannya ini pada bagian lutut baju balap Marquez robek terkena aspal. Pebalap Repsol Honda itu menjelaskan aksinya berdasarkan insting dan bukan dengan latihan.

Selama waktu latihan bebas ketiga, Marquez sempat terpeleset dari sepeda motornya. Ini membuatnya harus mengikuti sesi kualifikasi Q1, pertama kalinya sejak Mugello 2015.

Marquez mengungkapkan kondisi di sirkuit Catalan berbeda dengan Mugello. Ia berbicara mengenai cengkeraman ban.

"Ini tidak akan mudah terutama dengan masalah yang dihadapi motor saya ditambah dengan para pebalap Ducati. Semoga saya bisa memanfaatkan manajemen ban, mengambil resiko untuk bisa lebih cepat. Kita lihat saja hasilnya saat balapan," ucap Marquez.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com