Kompas.com - 27/05/2018, 08:35 WIB
Penulis Alsadad Rudi
|

DEPOK, KOMPAS.com - Kawasaki Ninja 150 atau Yamaha RX-King harus diakui merupakan motor 2-tak lawas yang masih cukup populer di tengah masyarakat. Jadi walaupun sudah stop produksi, kedua motor ini relatif masih mudah dikenali.

Namun tidak demikian dengan Suzuki RGR. Motor ini dinilai memang cukup populer pada era 1990-an, tapi tidak demikian dengan masa kini. Relatif sudah tidak cukup populernya RGR membuat motor ini sering dikira Ninja atau RX-King.

Pengakuan itulah yang disampaikan para anggota RGR Rider Community (RGRC).

Baca juga: Ninja 2-Tak Bekas, Motor Sport Paling Dicari

"Jadi kalau enggak dikira King dimodif, pasti disangka Ninja. Padahal sudah jelas-jelas ada tulisan Suzuki," kata Juru Bicara RGRC Robby Chow saat ditemui Kompas.com, di Depok, Sabtu (26/5/2018).

Suzuki RGR edisi tahun 1992 milik seorang warga Bogor, Robby Chow. Suzuki RGR edisi tahun 1992 milik seorang warga Bogor, Robby Chow.

Menurut Robby, kondisi itu tidak hanya terjadi di tengah kalangan awam, tapi bahkan di kalangan diler-diler Suzuki.

"Kita sampai geleng-geleng, sampai seginikah nasib RG," ujar dia.

Atas dasar itu, seperti komunitas-komunitas penggemar motor lawas lainnya, Robby menyatakan ia dan rekan-rekannya ingin berupaya memperkenalkan kembali RG-R ke tengah masyarakat.

Baca juga: Cerita Suzuki RGR yang Ditukar dengan Ponsel

Salah satu Suzuki RGR produk era 1990-an yang sudah menggunakan body berbahan fiber.Kompas.com/Alsadad Rudi Salah satu Suzuki RGR produk era 1990-an yang sudah menggunakan body berbahan fiber.

Caranya dengan memperbanyak aktivitas komunitas, tidak hanya di luar tapi juga di dunia maya.

RGRC tak punya target kepopuleran tunggangannnya harus menyamai King atau Ninja.

Baca juga: Deretan Motor Sport Fairing Idaman Remaja 90-an

"Tapi setidaknya orang-orang tahu kalau RG masih eksis dan tahu kalau bertemu motor yang seperti ini, itu RG," ucap Robby.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.