Kompas.com - 14/05/2018, 08:42 WIB

Jakarta, KOMPAS.com – PT Pindad resmi bakal memasok komponen motor elektirk buat calon skuter listrik nasional Gesits, mulai Agustus 2018. Ini semakin menegaskan kalau Gesits sudah siap buat di produksi massal.

Yayat Ruyat, Project Leader EV Pindad, mengatakan, motor listrik tersebut akan diproduksi di dalam negeri, dengan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) sekitar 55 persen sampai 60 persen. Ini merupakan salah satu komponen penting buat electric vehicle (EV).

“Desain dasar dari motor listrik hasil kerjasama dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), dan kami kembangkan serta sempurnakan lagi agar siap untuk penggunaan di jalan raya hingga siap diproduksi,” ujar Yayat kepada Kompas.com, Sabtu (12/5/2018).

“Sampai saat ini produk motor listrik (untuk motor 5 KW) tersebut hanya tinggal finalisasi saja. Kami juga sudah menyiapkan lini produksi dan komponennya, dengan TKDN 55 persen sampai 60 persen,” ujat Yayat.

Baca juga: Motor Elektrik Gesits Dipasok dari Pindad Mulai Agustus 2018

Gesits mulai cari produsen suku cadangdok. Garansindo Gesits mulai cari produsen suku cadang

Bahan yang masih diimpor buat membangun motor listrik buat Gesits, kata Yayat, adalah permanent magnet yang masih belum ada pemasok lokal. Namun Yayat tak menyebutkan dari mana mereka mengimpornya.

Permanent magnet untuk mengejar efisiensi energi dan ukuran, agar pas dan masuk untuk diletakkan di bawah jok motor. Namun komponen tersebut belum ada di dalam negeri,” ucap Yayat.

Pindad sendiri merupakan BUMN kedua pendukung Gesits, setelah PT Wika Industri dan Konstruksi, yang telah menyiapkan fasilitas dan peralatan industri, buat dukung proses produksi Gesits di Kawasan Industri Wijaya Karya (WIKA) di bilangan Cileungsi, Bogor, Jawa Barat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.