Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Komponen Motor Elektrik Milik Pindad, 60 Persen Lokal

Jakarta, KOMPAS.com – PT Pindad resmi bakal memasok komponen motor elektirk buat calon skuter listrik nasional Gesits, mulai Agustus 2018. Ini semakin menegaskan kalau Gesits sudah siap buat di produksi massal.

Yayat Ruyat, Project Leader EV Pindad, mengatakan, motor listrik tersebut akan diproduksi di dalam negeri, dengan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) sekitar 55 persen sampai 60 persen. Ini merupakan salah satu komponen penting buat electric vehicle (EV).

“Desain dasar dari motor listrik hasil kerjasama dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), dan kami kembangkan serta sempurnakan lagi agar siap untuk penggunaan di jalan raya hingga siap diproduksi,” ujar Yayat kepada Kompas.com, Sabtu (12/5/2018).

“Sampai saat ini produk motor listrik (untuk motor 5 KW) tersebut hanya tinggal finalisasi saja. Kami juga sudah menyiapkan lini produksi dan komponennya, dengan TKDN 55 persen sampai 60 persen,” ujat Yayat.

Bahan yang masih diimpor buat membangun motor listrik buat Gesits, kata Yayat, adalah permanent magnet yang masih belum ada pemasok lokal. Namun Yayat tak menyebutkan dari mana mereka mengimpornya.

“Permanent magnet untuk mengejar efisiensi energi dan ukuran, agar pas dan masuk untuk diletakkan di bawah jok motor. Namun komponen tersebut belum ada di dalam negeri,” ucap Yayat.

Pindad sendiri merupakan BUMN kedua pendukung Gesits, setelah PT Wika Industri dan Konstruksi, yang telah menyiapkan fasilitas dan peralatan industri, buat dukung proses produksi Gesits di Kawasan Industri Wijaya Karya (WIKA) di bilangan Cileungsi, Bogor, Jawa Barat.

https://otomotif.kompas.com/read/2018/05/14/084200615/komponen-motor-elektrik-milik-pindad-60-persen-lokal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke