Dibanderol Rp 1 Miliar, Pilih Gold Wing atau Civic Type R?

Kompas.com - 21/04/2018, 15:45 WIB
Honda Gold Wing yang dipamerkan di stan Honda di pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.Kompas.com/Alsadad Rudi Honda Gold Wing yang dipamerkan di stan Honda di pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda Gold Wing resmi dipasarkan di Indonesia pada ajang IIMS 2018. Dibanderol Rp 1,01 miliar, sepeda motor ini hadir dengan beragam teknologi terkini Honda.

Dari segi harga, motor touring ini layak disandingkan dengan produk roda empat. Khusus untuk produk roda empat Honda, ada hatchback Civic Type R yang jadi andalan ditawarkan dengan harga juga Rp 1 miliar.

Dari segi mesin, Gold Wing menawarkan mesin 1.833 cc berpendingin cairan 6 silinder. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 125 hp pada 5.500 rpm dan torsi 170 Nm pada 4500 rpm.

Transmisi menggunakan 7 percepatan Dual Clutch Transmission (DCT) yang dilengkapi dengan forward/reverse Walking Mode.

Civic Type R menawarkan mesin 2.0L VTEC turbocharger yang menyemburkan tenaga 310 hp dan torsi 400 Nm. Transmisinya tersedia satu tipe yakni manual enam percepatan.

Baca juga : Bedah Fitur Canggih Honda Gold Wing, Seperti Mobil

Honda Civic Type R bisa melonjak harganya karena permintaan yang sangat tinggi. Sementara supply dari pabriknya di Inggris terbatas.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Honda Civic Type R bisa melonjak harganya karena permintaan yang sangat tinggi. Sementara supply dari pabriknya di Inggris terbatas.

Gold Wing menawarkan 4 mode riding (Tour, Sport, Econ, dan Rain), Honda Selectable Torque Control (HSTC), Hill Start Assist, dan sistem cruise-control. Civic type R menawarkan tiga mode berkendara yakni Comfort, Sport dan +R terdapat juga Hill Start Assist.

Soal kenyamaan, Gold Wing menyediakan layar display berwarna sebesar 7 inci, sistem audio amplifier, Apple CarPlay™ untuk menghubungkan motor dengan ponsel iPhone penggunanya untuk menunjukkan peta, kontak, dan musik.

Setiap sisi bagasinya memiliki kapasitas 30 liter, dan bagasi atas berkapasitas 50 liter yang dapat menampung 2 helm full-face.

Civic type R punya ruang bagasi sebesar 420 liter dan dapat ditambah dengan melipat tempat duduk belakang menjadi 1.580 liter. Layar 7 inci pada sistem hiburan dan navigasi, aplikasi Apple Carplay dengan 12 speaker dan audio 540 watt.

Meski hanya sepeda motor, Gold Wing mampu menyamai kenyamanan juga kesenangan berkendara seperti layaknya Civic Type R. Mungkin hanya larangan masuk jalan tol yang membedakan Gold Wing dan Civic Type R.

Sekarang tinggal pilihan pembaca, mana yang cocok untuk mengisi garasi rumah.
 

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X