Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Asal Pilih Oli Mesin Vespa Modern

Kompas.com - 14/04/2018, 11:02 WIB
Aditya Maulana,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com - Memilih oli mesin untuk Vespa keluaran terbaru, tidak boleh sembarangan. Jika Anda teliti, di bagian untuk mengisi pelumas, tepatnya dekat rumah CVT sudah tertulis rekomendasi angka kekentalan.

Angka yang tertera, yaitu SAE (Sociaty of Automotive Engineers) 5W-40. Artinya, harus menggunakan spesifikasi oli mesin seperti itu, jangan kurang dan juga lebih.

"Kalau misal pakai 10W-40 atau yang lain-lainnya boleh saja. Dampaknya tidak sampai rusak total," kata Manto, pemilik bengkel Scooter Layur, di Jakarta Timur saat ditemui KOMPAS.com, Rabu (1142018).

Dampak yang akan dirasakan, kata Manto jika tingkat kekentalannya lebih kental maka kerja atau perputaran oli menjadi tidak maksimal ketika melumasi mesin. Apabila sudah sesuai dengan rekomendasi, bisa lebih baik dari itu.

Baca juga: OtoLive: Seputar Perawatan Vespa Lama dan Modern

"Ibaratnya seperti darah saja, kalau kekentalan dokter juga pasti akan menyuruh untuk bisa lebih cair, begitu juga dengan pelumasan pada Vespa ini," ujar Manto.

Menurut dia, mau menggunakan merek apa pun dipersilahkan, asalkan yang wajib diperhatikan nilai atau tingkat kekentalan pelumas itu sendiri.

"Wajib sesuai dengan yang direkomendasikan oleh pabrikan. Karena itu akan lebih maksimal kerjanya pelumas ketika melumasi mesin," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com