Ditemani Puluhan Biker, Jokowi Touring Pakai Chopper di Sukabumi

Kompas.com - 08/04/2018, 12:49 WIB
Presiden Joko Widodo menjajal motor Chopper di Sukabumi, Minggu (8/4/2018). KOMPAS.com/IhsanuddinPresiden Joko Widodo menjajal motor Chopper di Sukabumi, Minggu (8/4/2018).

Jakarta, KOMPAS.com - Selain kunjungan kerja ke Sukabumi, Jawa Barat, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga melakukan touring, Minggu (8/4/2018). Jokowi menggunakan sepeda motor Royal Enfield Bullet 350 cc yang sudah dimodifikasi Elders Garage menjadi gaya Chopper.

Perjalanan dimulai dari kantor Kecamatan Bantar Gadung dan direncanakan selesai di Pantau Pelabuhan Ratu. Jarak tempuh perkiraan sekitar 30 kilometer.

Tidak sendiri, Jokowi juga didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimulyono, Menteri Perhubungan Budi Karya, dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

Baca juga: Jokowi Mau Ajak Komunitas Motor Modif "Touring"

Selain itu, puluhan orang komunitas motor kustom juga diajak touring. Kegiatan ini sebenarnya merupakan janji Jokowi ketika tim dari Elders Garage mengantarkan Chopper ke Istana Bogor pada awal 2018.

Heret Frasthio, Founder Elders Garage pernah mengatakan bahwa Jokowi akan mengajak komunitas motor kustom untuk touring. Namun ketika itu disebutkan ke Kalimantan, tetapi pada kenyataannya ke Sukabumi, Jawa Barat.

Ketika KOMPAS.com mencoba menghubungi Heret untuk mengetahui informasi lebih lanjut, salah satu biker dalam rombongan touring itu belum memnjawab sambungan telepon, bisa jadi masih di perjalanan menuju Pelabuhan Ratu.

Kelengkapan surat

Presiden Joko Widodo memperlihatkan dokumen dan kelengkapan berkendara sebelum menjajal sepeda motor chopper miliknya di Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (8/4/2018).KOMPAS.com/IHSANUDDIN Presiden Joko Widodo memperlihatkan dokumen dan kelengkapan berkendara sebelum menjajal sepeda motor chopper miliknya di Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (8/4/2018).

Kelengkapan aksesori dan surat Chopper Jokowi sempat menjadi perbincangan masyarakat, karena dikatakan tidak lengkap. Kini sebelum perjalanan dimulai Jokowi memamerkan ke hadapan wartawan mulai surat izin mengemudi (SIM), surat tanda nomor kendaraan (STNK), buku pemilik kendaraan bermotor (BPKB), hingga sertifikat uji.

Selain itu, Chopper ini juga sudah dilengkapi dengan aksesori seperti spion, pelat nomor, hingga lampu sein.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.