Wahana Bukan Cuma Bisnis Diler Motor Honda

Kompas.com - 28/03/2018, 19:47 WIB
Hotel Amaris Padjajaran, Bogor, dimiliki oleh Grup Wahana Artha. AMARISHOTEL.comHotel Amaris Padjajaran, Bogor, dimiliki oleh Grup Wahana Artha.

Jakarta, KOMPAS.com – Dalam dunia otomotif roda dua, mendengar kata “Wahana” berarti artinya merujuk ke diler Honda untuk kawasan Jakarta dan Tangerang. Walau asosiasinya sudah kuat, tapi sebenarnya bisnis Wahana lebih besar dari hanya jualan motor, bahkan sekarang sudah meluas ke luar otomotif.

Grup Wahana Artha sudah menjadi distributor regional motor Honda sejak 1972. Perusahaan yang membawahi tugas itu adalah PT Wahana Makmur Sejati (WMS) yang kantor pusatnya berada di gedung Wahana Artha di kawasan Gunung Sahari, Jakarta Pusat.

Dalam keterangan resminya, Rabu (28/3/2018), dijelaskan, di gedung yang sama juga menjadi kantor pusat anak perusahaan Grup Wahana Artha di bidang hospitality, yaitu PT Sahari Multi Investama (SMI) dan PT Kyochon Indonesia. Keduanya kini sudah bertumbuh semakin besar.

Gudang Suku Cadang Grup Wahana Artha di Cimanggis, Depok, Jawa Barat.Dok. WMS Gudang Suku Cadang Grup Wahana Artha di Cimanggis, Depok, Jawa Barat.

SMI merupakan usaha perhotelan. Saat ini sudah punya banyak hotel, yakni Santika Kelapa Gading Jakarta, Hotel Amaris Padjajaran Bogor, Hotel Amaris Pekalongan, Hotel Santika Banyuwangi, Hotel Santika Palembang, dan Hotel Amaris Taman Sri Wedari di Solo Jawa Tengah. Sedangkan Kyochon Indonesia berbisnis sebagai pemegang  master franchise restoran ayam goreng khas Korea, Kyochon.

Gudang unit baru

Setiap tahun, WMS menjual 400.000 unit motor Honda. Buat mengakomodasi pengiriman unit agarlancar, tersedia dua gudang penyimpanan unit, berada di Cimanggis, Depok, Jawa Barat dan di Wahana Jatake, di Tangerang. Seiring perkembangan bisnis, gedung penyimpanan ketiga tengah dibangun di kawasan Jatiasih, Bekasi.

Baca: Bengkel Wahana Honda Layani 3,8 juta Unit Motor Tahun ini

Gudang-gudang Wahana sangat sibuk, misalnya di Cimanggis setiap hari mendapat kiriman 800-1.000 unit dari pabrik Honda sampai akhirnya mentok menyimpan 7.000 unit motor. Semua unit yang keluar masuk didata menggunakan scan barcode.

WMS juga punya gedung penyimpanan suku cadang di Cimanggis atau lebih tepatnya di Tapos. Di gudang empat lantai itu sanggup menyimpan sampai 456.000 suku cadang untuk menyuplai pesanan 350 Astra Honda Authorized Service Station (AHASS).

Di gedung itu juga menjadi kantor pusat lini usaha grup Wahana Artha di bidang logistik, yaitu PT Tristar Trasindo. Tristar 140 truk gendong motor berkapasitas dari 6-120 unit, 99 truk gendong mobil brkapasitas 1-6 unit, serta 69 truk dan bus berbagai model.

Selain menyediakan jasa pengangkutan umum dan korporat, Tristar juga melayani towing mobil mewah dan moge. Layanan Tristar tersedia di Sumatera, Jawa, Bali, hingga Nusa Tenggara Barat.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X