Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wahana Honda Sertifikasi Guru SMK Jakarta-Tangerang

Kompas.com - 10/10/2017, 12:42 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Ikut mendorong upaya meningkatkan kualitas pendidikan, PT. Wahana Makmur Sejati (WMS) sertifikasi Guru SMK Teknik Sepeda Motor Binaan Honda. Ini merupakan tahap awal (Bronze), sebelum berlanjut ke tingkat selanjutnya Silver dan Gold.

Setidaknya ada 11 guru SMK yang mengikuti kegiatan ini, dan berlokasi di Technical Training Center Wahana di Jatake, Tangerang. Pada ujian ini, peserta mendapat materi uji seperti kelistrikan, sasis, PGM FI, mesin,dan hal umum lain terkait sepeda motor Honda.

“Setelah diberikan kurikulum, pembangunan laboratorium Honda, serta sepeda motor untuk praktek, kami juga kontrol kualitas guru dengan pengujian sertifikasi yang berjalan setiap tahun,” ujar Taufiqurrohman, Head of Technical Service Function Wahana, dalam siaran resminya Senin (9/10/2017).

Seluruh guru dari 54 SMK Binaan Honda yang berada wilayah Jakarta dan Tangerang, akan secara bergiliran mendapatkan uji sertifikasi serupa, yang diadakan rutin setiap tahun.

Baca juga : Diler Wahana Hadirkan “Honda Sport Motorshow 2017”

Langkah ini disebut Taufiqurrohman, jadi salah satu syarat wajib yang harus diikuti guru dan sekolah, demi menjadikan seluruh SMK menjadi Tempat Uji Kompetensi  (TUK). TUK sendiri merupakan tempat uji bagi lulusan SMK binaan, yang tertarik bergabung dengan bengkel resmi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS).

“Jadi setelah dapatkan sertifikasi, seluruh SMK binaan Honda akan menjadi tempat uji kompetensi bagi lulusan yang berminat gabung dengan jaringan AHASS Wahana,” ucap Taufiqurrohman.

Link and match merupakan program yang dijalankan PT. Astra Honda Motor bekerjasama dengan seluruh main dealer Honda di Indonesia, untuk mendidik sekaligus membuka lapangan pekerjaan lulusan SMK binaan Honda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com