Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/03/2018, 13:40 WIB
Febri Ardani Saragih,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com – Di Malaysia, Avanza punya desain baru yang tampil sedikit melenceng dari trah karena bergaya SUV. Model ini merupakan varian baru Avanza, 1.5X, yang dijual pemegang merek Toyota di Malaysia, UMW Toyota Motor (UMWT), sejak bulan lalu.

Idenya membuat MPV berpenggerak roda belakang ini kelihatan lebih macho. Caranya, menambahkan berbagai aksesori add-on plus menghitamkan pilar D agar muncul kesan atap melayang.

Aksesori yang ditambah yaitu bemper bawah depan dan belakang berwarna hitam berikut moulding warna perak serta sampul fender dan bodi samping. Lainnya, emblem “X” buat penanda varian di bodi kanan dan “mata kucing” di bemper belakang sebagai pelengkap dan penunjang keselamatan. Avanza 1.5X merupakan varian termahal sekaligus tertinggi.

Avanza X bergaya SUV, dijual Toyota di Malaysia.Dok. PAULTAN Avanza X bergaya SUV, dijual Toyota di Malaysia.

Tersedia juga pilihan aksesori lainnya, yaitu pelek 16 inci dan roof ornament yang bisa jadi artinya cuma dekorasi pendukung gaya SUV. Di kabin, konsumen bisa menambahkan sistem DVD-AVX atau DVD-AVN, pada sektor hiburan.

Baca: Xpander Jadi Raja MPV Sejuta Umat Februari 2018

Apa yang dilakukan UMW Toyota belum pernah dikerjakan di Indonesia, kemungkinan karena merasa tidak perlu dan berpotensi bentrok dengan SUV berbasis Avanza, Rush. Namun, seiring persaingan MPV 7-penumpang yang semakin menggigit, Avanza 1.5X ini bisa menginspirasi untuk penyegaran.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com