Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daihatsu Konfirmasi Kesiapan Produk Menuju Euro IV

Kompas.com - 16/03/2018, 14:42 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com – Berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori M, N, dan O atau yang lebih dikenal dengan Standar Emisi Euro IV, pada September atau Oktober ini mulai berlaku.

Setelah pihak Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengonfirmasi soal produknya, yang siap masuk ke pasar Euro IV dalam negeri, kali ini giliran Astra Daihatsu Motor (ADM). Amelia Tjandra Direktur Pemasaran ADM mengatakan, yang mengaku tak ada halangan untuk mematuhi regulasi tersebut.

“Iya kami ikut dan pasti ikut, produknya juga sudah ready. Penggantiannya serentak karena pada Oktober nanti semua harus siap,” tutur Amelia, Kamis (16/3/2018).

Baca juga : Daihatsu Sirion Inden Satu Bulanan

Amelia menambahkan, kalau ternyata ada tahapannya lagi di mana pada bulan Oktober 2018 ini berlaku untuk kendaraan penumpang (bermesin bensin). Sementara untuk yang komersial, baru tahun depannya lagi atau di 2019.

“Kalalu tak salah mereka pecah lagi, di mana bagi yang penumpang Oktober dan kompersial tahun depan atau enam bulan lagi (dari bulan Oktober 2018),” kata Amelia.

Regulasi Euro IV ini ditandatangani pada 10 Maret 2017, dengan dua tahapan realisasi, untuk mesin bensin mulai berlaku pada September 2018 atau 18 bulan sejak aturan dikeluarkan. Sementara diesel akan berlaku empat tahun ke depan, atau pada 2021.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com