Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menperin Ajak Jokowi Datang ke Ekspor Perdana Mitsubishi

Kompas.com - 27/02/2018, 10:25 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com – Resmi mengoperasikan pabrik barunya di Greenland International Industrial Center (GIIC), Cikarang Pusat, Bekasi, Jawa Barat, pada awal 2017, Mitsubishi saat ini sudah bersiap untuk ekspor, terutama untuk model terlarisnya Xpander.

Osamu Masuko, CEO Mitsubishi Motors Corporation (MMC) mengatakan, kalau ekspor bakal dilakukan perdana pada April 2018 nanti. Negara yang menjadi tujuan ekspor perdana yaitu ke Filipina, Thaland dan Filipina, tapi belum disebut berapa volumenya.

Menyambut hal tersebut, Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian menyatakan apresiasinya. Bahkan dirinya melontarkan permintaan kepada Menteri Sekertaris Negara Pratikno, menyampaikan kepada Presiden Joko Widodo untuk bisa menghadiri seremoni ekspor perdana Mitsubishi.

Baca juga : Xpander Kantongi Skor Keamanan Bintang 4

Salah satu proses produksi Xpander.Istimewa Salah satu proses produksi Xpander.

“Mitsubishi sudah berkomitmen di Indonesia dengan gelontoran investasi (kurang lebih Rp 7 tiriliun) dan diresmikan pabriknya oleh Jokowi. Sesuai dengan janji, akan mengekspor bulan april 2018, artinya  bagi Mitsubishi, Indonesia merupakan negara yang penting,” ujar Airlangga, Senin (26/2/2018).

“Mohon bisa disampaikan Pak Mensesneg kepada Pak Jokowi menyaksikan ekspor perdana. Pasalnya ini mobil perdana dan meluncur di Indonesia, serta lokal kontennya mendekati 70 persen. Lalu pabrik ini memekerjakan 3.000 orang dan akan bertambah menjadi 3.400 lagi, serta produksi akan meningkat terus,” kata Airlangga.

Sebelumnya rencana Mitsubishi mengekspor Xpander dilakukan pada awal 2018. Namun niat tersebut tertunda karena permintaan di dalam negeri ternyata membludak. Mitsubishi juga akan meningkatkan produksi menjadi 10.000 unit per bulan, dari rencana awal 5.000 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com