3 Konsep Juara Yamaha CustoMAXI Makassar - Kompas.com

3 Konsep Juara Yamaha CustoMAXI Makassar

Kompas.com - 07/01/2018, 12:02 WIB
Yamaha NMAX Juku Eja menjadi pemenang Yamaha CustoMAXI Yamaha di Makassar.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Yamaha NMAX Juku Eja menjadi pemenang Yamaha CustoMAXI Yamaha di Makassar.

Makassar, KompasOtomotif – Semifinal Yamaha CustoMAXI, ajang adu cantik Maxi Scooter merek Garputala, merampungkan seri Makassar. Dari 30-an peserta terpilih secara online, muncul tiga terbaik di masing-masing kategori, XMAX, NMAX, dan Aerox 155.

Proses pemilihan jawara dilakukan di Goedang Popsa, venue yang terletak di pinggir Pantai Losari, tepat berada di depan Benteng Rotterdam, Sabtu (6/1/2017). Tiga pemenang yang terpilih mewakili tren dan ciri khas modifikasi dari daerah Sulawesi Selatan.

Seperti NMAX milik Muhammad Arsyad yang menyabet terbaik di kelas NMAX. Sepeda motornya diberi nama Juku Eja, atau julukan dari tim sepakbola kebanggan, PSM Makassar. Warnanya dibikin khas tim tersebut, merah.

(Baca juga : Tiga Jawara CustoMAXI dari Banjarmasin)

Tapi yang menarik, kelir merah didapat dari baluran krom di sekujur tubuh NMAX. Itu pun masih dipadu dengan bodi penuh karbon kevlar. Kalau dilihat dari biaya modifikasi, mungkin NMAX Arsyad ini jadi yang termahal di antara peserta lain.

”Bodinya saya pesan dari Jakarta, main krom dan karbon kevlar. Total bodi saja Rp 30 juta. Knalpot Remus hampir Rp 6 juta, hanya ada empat di Sulawesi. Sudah ada yang nawar motor saya Rp 90-100 juta, saya tidak kasih,” kata Arsyad, usai penganugerahan pemenang.

Pemenang Yamaha CustoMAXI Makassar kategori Aerox 155.KompasOtomotif-Donny Aprilianand Pemenang Yamaha CustoMAXI Makassar kategori Aerox 155.
Sedangkan pemenang kategori Aerox 155 disabet oleh motor milik Rizmar Anwar. Dia memberi konsep sporty sepeda motornya. Bagian depan dibikin menunduk, suspensi belakang diganti monosok, dan setang dilebarkan.

”Proses paling sulit mengubah suspensi belakang jadi monosok, sekaligus jadi biaya yang paling mahal. Tapi saya belum menguji tingkat aerodinamikanya. Seharusnya lebih baik. Selebihnya main aksesori dan warna,” ucap Rizmar.

Yamaha XMAX 250 pemenang CustoMAXI Yamaha di Makassar dengan konsep Sport touring.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Yamaha XMAX 250 pemenang CustoMAXI Yamaha di Makassar dengan konsep Sport touring.
Lalu, pemenang selanjutnya di kategori XMAX 250. Motor milik Imran Syukri terpilih sebagai yang terbaik. Tema yang diambil sport touring, membuat penampilan motor lebih sporty dan makin layak diajak jalan jauh.

(Baca juga : Modifikasi Aerox, Hasil Maksimal Modal Aksesori Plug n Play)

Banyak ubahan dari sisi aksesori, termasuk penambahan GPS sebagai pendukung. Kaki-kaki diubah lebih kekar. ”GPS perlu, kan sering masuk kota orang (touring). Jok diganti, karena XMAX kan tinggi, jadi dibikin lebih rendah. Tema cat diambil dari warna khas Valentino Rossi dengan tema Matahari,” ujar Imran.

Ketiga pemenang ini akan diadu lagi di Jakarta dengan para jawara dari kota-kota lain, yang akan dilaksanakan pada Februari mendatang.


EditorAzwar Ferdian
Komentar
Close Ads X