Merek Mobil Ini Bukan Lagi Anggota Gaikindo

Kompas.com - 05/01/2018, 07:02 WIB
Jaguar Land Rover mermperkenalkan model produksi versi AS Jaguar F-Type Project 7 dan Range Rover Sport SVR di di Pebble Beach Concours dElegance 2014. AutoguideJaguar Land Rover mermperkenalkan model produksi versi AS Jaguar F-Type Project 7 dan Range Rover Sport SVR di di Pebble Beach Concours dElegance 2014.
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif — Agen Pemegang Merek (APM) mobil yang tergabung menjadi anggota Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia ( Gaikindo) cukup banyak, mulai merek asal Jepang, Eropa, Amerika Serikat (AS), Malaysia, India, Korea Selatan, hingga China.

Berdasarkan data penjualan Gaikindo, terdaftar 36 merek yang menjadi anggota. Namun, ada beberapa sudah tidak menjadi anggota lagi, seperti Geely, Ford, Chrysler, Jaguar, dan Land Rover.

"Ya betul sudah bukan anggota. Jaguar dan Land Rover memang sudah lama keluar,” ucap Sekertaris Umum Gaikindo Kukuh Kumara saat dihubungi KompasOtomotif, Selasa (2/1/2018).

Baca juga: "Mobnas" dengan Mudah Bisa Jadi Anggota Gaikindo

Selain kelima merek itu, sebenarnya ada merek lain yang tidak ada aktivitas penjualan sepanjang 2017, yaitu Infiniti dan Smart.

"Infiniti bagian dari Nissan, sementara Smart dengan Mercedes-Benz. Jadi masih tergolong anggota," ujar Kukuh.

Jentri Izhar, Brand Director Jaguar Land Rover Indonesia, mengatakan, berbeda seperti Ford, Geely, Inifinity, dan Smart, Jaguar Land Rover di indonesia masih eksis berjualan, meski bukan lagi menjadi anggota Gaikindo.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X