Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Pindah Lajur Tiba-tiba Sebabkan Kecelakaan

Kompas.com - 29/12/2017, 10:02 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

KompasOtomotif - Sebuah video yang memperlihatkan tabrakan antar sesama pengendara motor beredar di dunia maya. Sampai berita ini diturunkan, KompasOtomotif masih berupaya mencari informasi mengenai lokasi maupun waktu kejadian dari peristiwa tersebut.

Dalam video yang beredar, tampak tabrakan terjadi akibat ada salah seorang pengendara motor yang pindah lajur secara tiba-tiba. Saat akan berbelok ke kanan, pengendara motor tersebut langsung mengambil lajur kanan namun dari lajur paling kiri.

Akibatnya, dua pengendara motor lain yang tengah melaju dari arah belakang di lajur kanan tidak sempat mengerem. Tabrakan yang melibatkan tiga sepeda motor pun terjadi.

Baca juga : Ini Bahayanya Pindah Lajur Tiba-tiba

https://www.instagram.com/p/BdNh8rCD3G-/

Dalam video tampak tiga pengendara motor langsung bisa bangkit dan tidak ada yang mengalami cedera berat. Warga sekitar langsung membantu mereka menepikan motornya ke pinggir jalan.

Menganalisa video tersebut, pengamat keselamatan jalan Edo Rusyanto mengimbau pengendara agar senantiasa menyalakan lampu isyarat penunjuk arah atau sein saat berbelok atau berputar arah. Hal ini dinilai penting untuk memudahkan pengendara yang ada di belakang bisa mengatur ritme kecepatan kendaraannya, termasuk mengatur jarak minimal dan jarak aman. 

Baca juga : Mau Belok, Jangan Nyalakan Sein Mendadak

"Perlu dicatat, ketika hendak berpindah lajur tadi juga dilengkapi dengan memperhatikan situasi sekitar. Melihat kaca spion menjadi mutlak. Bahkan, lebih afdol dibarengi dengan menoleh sejenak atau head check," kata Edo kepada KompasOtomotif, Kamis (28/12/2017).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com