Usai Coba Ezzy II, Jokowi Komitmen Dukung Mobil Listrik Anak Bangsa

Kompas.com - 20/12/2017, 15:37 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif – Era kendaraan listrik sudah menggema di seluruh dunia, meski belum semua negeri mengimplementasi secara sempurna. Tak mau ketinggalan, Pemerintah Indonesia berencana untuk ikut dalam tren tersebut.

Di tengah pembahasan soal regulasi kendaraan listrik, Presiden RI Joko Widodo secara mengejutkan menjajal langsung mobil listrik Ezzy II buatan Insitut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), saat meresmikan tol Surabaya-Mojokerto, Selasa (19/12/2017).

Ini tentunya membawa angin segar soal masa depan industri otomotif Indonesia, terutama untuk prduk-produk karya anak bangsa. Jokowi juga menyatakan komitmennya untuk mendorong agar dapat masuk ke proses industri dan memiliki daya saing.

Baca juga : Jajal Mobil Listrik Anak Banga, Jokowi Bilang “Enak”

Mobil Listrik Ezzy II ITS. @KSPgoid Mobil Listrik Ezzy II ITS.

“Terus kita kejar agar segera bisa masuk ke proses di industri,” ujar Presiden Jokowi terkait pembahasan soal kendaraan listrik dari akun twitter resmi Kantor Staf Presiden, Rabu (20/12/2017).

Soal beberapa kekurangan yang masih ada di produk tersebut, Jokowi tak begitu memermasalahkannya. Mobil listrik Ezzy II sendiri, menggunakan tenaga baterai sebesar 20 kWh dengan kemampuan jarak tempuh 130 kilometer.

“Kekurangan itu merupakan sesuatu yang wajar. Terlebih lagi bila melihat pengalaman negara lain. Perlu waktu 40 hingga 50 tahun untuk menuju kepada standar agar bisa masuk pasar,” tutur Jokowi.

Baca Juga: Spesifikasi Mobil Listrik Ezzy II yang Dicoba Jokowi

Untuk melangkah ke tahap berikutnya diakui Presiden tidaklah mudah. “Paling berat biasanya adalah bagaimana produk itu secara desain, secara harga bisa masuk ke pasar, bisa kompetisi dengan produk-produk mobil lain yang sudah lama ada,” kata Jokowi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.