Karburator Dianggap "Jadul Buat Motor Off-road"

Kompas.com - 10/11/2017, 08:22 WIB
Honda CRF150L Febri Ardani/KompasOtomotifHonda CRF150L
|
EditorAgung Kurniawan

Tangerang Selatan, KompasOtomotif – Meski sudah dijelaskan Presiden Direktur Astra Honda Motor (AHM), ada alasan lain mengapa CRF150L tidak menggunakan karburator. Ak‎ihiro Momiyama, Large Project Leader CRF150L, dari Honda R&D Company Limited Motorcycle R&D Center, mengatakan karburator tidak cocok buat sepeda motor off-road terutama ketika penggunaannya di dataran tinggi.

Baca: Alasan Honda CRF150L Tak Pakai Sistem Karburator

“Mengapa (CRF150L) menggunakan PGM-FI (Programmed Fuel Injection) bukan karburator? Tadi sudah dijelaskan bahwa karburator kurang cocok ataupun sangat rentan untuk udara (bertekanan tinggi). Kalau kita lihat pada saat digunakan untuk di pegunungan atau perbukitan maka akan kena imbas saat perubahan suhu dan cuaca,” jelas Ak‎ihiro saat peluncuran CRF150L di Tangerang Selatan, Kamis (9/11/2017).

Mesin 150cc 1-silinder, SOHC, PGM-FI, berpendingin udara, pada Honda CRF150L. Febri Ardani/KompasOtomotif Mesin 150cc 1-silinder, SOHC, PGM-FI, berpendingin udara, pada Honda CRF150L.

CRF150L dibekali mesin 4-tak, SOHC, 1-silinder, dan berpendingin udara, 149,1 cc, yang mirip kepunyaan Verza dan MegaPro. Tenaga yang dihasilkan 12,91 PS dan torsi 12,43 Nm.

PGM-FI, jelas Ak‎ihiro, punya karakteristik menyemburkan bensin lebih sempurna ketimbang karburator dan lebih bisa diandalkan di dataran tinggi. Sebab itulah, CRF150L dipilh menggunakan injeksi.

Spesifikasi injeksi pada CRF150L jelas berbeda dari strategi Kawasaki yang terus menjual KLX 150 bermesin 150cc dengan karburator. KLX 150 adalah model trail 150cc terlaris di Indonesia. 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X