Baru Lihat Innova Buatan Indonesia Jadi Taksi di Dubai

Kompas.com - 08/11/2017, 13:02 WIB
Penampakan Toyota Kijang Innova digunakan sebagai taksi di Dubai. Wahyu Adityo Prodjo/ Kompas TravelPenampakan Toyota Kijang Innova digunakan sebagai taksi di Dubai.
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif – Mobil buatan Indonesia, Kijang Innova, digunakan sebagai taksi di salah satu negara federasi Uni Emirat Arab, Dubai. Penampakannya terpantau kamera jurnalis Kompas Travel, Wahyu Adityo Prodjo, saat sedang berada di Bandar Udara International Dubai pada dua pekan lalu.

Sebelum berangkat dinas ke Dubai, Wahyu memang pernah bertanya kepada KompasOtomotif, tentang mobil apa yang menarik di Dubai. Tanpa lama, tersebut Innova buatan pabrik Toyota Motor Indonesia Manufacturing (TMMIN) di Karawang, Jawa Barat, yang memang selama ini rutin mengekspor unit ke negara-negara di Timur Tengah.

“Sekitar pukul 18.00 WIB, saya meninggalkan Tanah Air (26 Oktober). Perjalanan ke Dubai ditempuh dengan pesawat Boeing 737-800. Saya tiba di Bandara International Dubai, sekitar pukul 23.20 waktu setempat,” jelas Wahyu, Rabu (8/11/2017).

Modal penasaran mobil “Made in Indonesia” bisa sampai Dubai, Wahyu menyiapkan diri berburu Innova. Ternyata tidak perlu repot-repot, MPV 7-penumpang itu yang malah menghampirinya di selasar penjemputan penumpang.

Baca: Konsumen Arab Saudi Doyan Toyota Buatan Indonesia

Penampakan Toyota Kijang Innova digunakan sebagai taksi di Dubai. Wahyu Adityo Prodjo/ Kompas Travel Penampakan Toyota Kijang Innova digunakan sebagai taksi di Dubai.

Awalnya Wahyu mengaku tidak bisa mengenali langsung Innova, maka itu dia memilih mengambil banyak foto mobil-mobil yang beredar di sekitarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Mobil yang saya duga Innova itu berwarna krem. Di badan mobilnya terdapat iklan-iklan milik pasar swalayan. Di bagian belakang mobil tertulis "Dubai Taxi". Sementara, si sopir duduk di bangku sisi kiri, tak seperti di Indonesia yang menyetir di bangku sebelah kanan.

“Mobil yang saya duga Innova itu terlihat wara-wiri di bandara Dubai. Banyak penumpang yang menggunakan taksi Innova itu,” kata Wahyu.

Bukan cuma di bandara, Dubai Taxi juga bisa terlihat di jalan-jalan utama Dubai. Penampakan lain terekam kamera juga di hotel tempat menginap yang berjarak sekitar 15 menit dari bandara.

Soal penampakan Innova jadi taksi di Dubai mendapat komentar dari Presiden Direktur TMMIN Warih Andang Tjahjono. Dia mengatakan Innova yang diproduksi TMMIN di pabrik Karawang 1 sebagian besar diekspor ke Timur Tengah, khususnya Arab Saudi.

Warih mengakui salah satu peran Innova memang digunakan sebagai taksi, jadinya dikatakan jangan heran kalau orang Indonesia menemukannya di Bandara.

“Hal itu merupakan bukti bahwa kualitas kendaraan buatan Indonesia berstandar global,” kata Warih, Selasa (7/11/2017). 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.