Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Baru Lihat Innova Buatan Indonesia Jadi Taksi di Dubai

Sebelum berangkat dinas ke Dubai, Wahyu memang pernah bertanya kepada KompasOtomotif, tentang mobil apa yang menarik di Dubai. Tanpa lama, tersebut Innova buatan pabrik Toyota Motor Indonesia Manufacturing (TMMIN) di Karawang, Jawa Barat, yang memang selama ini rutin mengekspor unit ke negara-negara di Timur Tengah.

“Sekitar pukul 18.00 WIB, saya meninggalkan Tanah Air (26 Oktober). Perjalanan ke Dubai ditempuh dengan pesawat Boeing 737-800. Saya tiba di Bandara International Dubai, sekitar pukul 23.20 waktu setempat,” jelas Wahyu, Rabu (8/11/2017).

Modal penasaran mobil “Made in Indonesia” bisa sampai Dubai, Wahyu menyiapkan diri berburu Innova. Ternyata tidak perlu repot-repot, MPV 7-penumpang itu yang malah menghampirinya di selasar penjemputan penumpang.

Baca: Konsumen Arab Saudi Doyan Toyota Buatan Indonesia

Awalnya Wahyu mengaku tidak bisa mengenali langsung Innova, maka itu dia memilih mengambil banyak foto mobil-mobil yang beredar di sekitarnya.

“Mobil yang saya duga Innova itu berwarna krem. Di badan mobilnya terdapat iklan-iklan milik pasar swalayan. Di bagian belakang mobil tertulis "Dubai Taxi". Sementara, si sopir duduk di bangku sisi kiri, tak seperti di Indonesia yang menyetir di bangku sebelah kanan.

“Mobil yang saya duga Innova itu terlihat wara-wiri di bandara Dubai. Banyak penumpang yang menggunakan taksi Innova itu,” kata Wahyu.

Bukan cuma di bandara, Dubai Taxi juga bisa terlihat di jalan-jalan utama Dubai. Penampakan lain terekam kamera juga di hotel tempat menginap yang berjarak sekitar 15 menit dari bandara.

Soal penampakan Innova jadi taksi di Dubai mendapat komentar dari Presiden Direktur TMMIN Warih Andang Tjahjono. Dia mengatakan Innova yang diproduksi TMMIN di pabrik Karawang 1 sebagian besar diekspor ke Timur Tengah, khususnya Arab Saudi.

Warih mengakui salah satu peran Innova memang digunakan sebagai taksi, jadinya dikatakan jangan heran kalau orang Indonesia menemukannya di Bandara.

“Hal itu merupakan bukti bahwa kualitas kendaraan buatan Indonesia berstandar global,” kata Warih, Selasa (7/11/2017). 

https://otomotif.kompas.com/read/2017/11/08/130200015/baru-lihat-innova-buatan-indonesia-jadi-taksi-di-dubai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke