Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ferrari Ancam Keluar dari Formula 1

Kompas.com - 03/11/2017, 15:52 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Maranello, KompasOtomotif - Presiden Ferrari Sergio Marchionne keluarkan penyataan bernada mengancam, di mana pihaknya bisa jadi bakal keluar dari ajang balap jet darat Formula 1. Pernyataan ini menyusul pengmuman regulasi mesin baru untuk musim 2021.

Rilis aturan baru yang dikeluarkan oleh Liberty Media dan FIA mengungkapan bakal ada penyesuaian standar baru, yang detailnya akan keluar 12 bulan lagi. Terkait dengan regulasi baru, FIA menyebut kalau tujuan dari regulasi tersebut demi menarik minat penonton, kemudian biaya pengembangan yang lebih murah, mesin lebih sederhana, dan untuk modifikasi noise (lebih berisik).

Marchionne mendukung rencana Liberty untuk mengurangi biaya menjalankan tim F1, tapi ada beberapa alasan lain yang mengganjal buat Ferrari, yang berpotensi membuatnya meninggalkan kejuaraan. Namun, Bos Ferrari tersebut tak membicarakanya dengan jelas.

Baca juga : Debut Ferrari Portofino Suksesor California T

"Liberty sudah punya beberapa niat baik, salah satunya adalah mengurangi biaya tim yang menurut saya bagus. Namun ada beberapa hal yang tidak kami setujui, salah satunya adalah arah dari pengembangan powertrain, di mana bukan sesuatu yang bisa menjadi manfaat untuk Ferrari,” ujar Marchionne mengutip Crash.net, Jumat (3/11/2017).

“Saya pikir perlu benar-benar jelas, jika aturan tersebut hasilnya tidak menguntungkan bagi merek, pasar, dan penguatan posisi unik Ferrari, kami tidak akan bermain,” tutur Marchionne.

Merek asal Italia tersebut merupakan satu-satunya pabrikan selalu ambil bagian pada tiap kejuaraan dunia Formula 1. Bahkan, Ferrari disebut-sebut paling sukses dalam sejarah, dengan 16 kali gelar konstruktor, 15 kali gelar untuk pebalapnya, dan 227 kemenangan balapan.

“Jika Ferrari meninggalkan F1, masih terbuka banyak alternatif buat Ferrari. Saya tidak ingin berprasangka terhadap hal ini, pastinya kami akan melakukan pertemuan Selasa depan dengan membawa niat baik, kita lihat saja bagaimana hasilnya," ucap Marchionne.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com