Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan Langsung dari Jepang

Daihatsu Sebut Xenia Belum Kalah dari Xpander

Kompas.com - 25/10/2017, 10:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif – Hanya butuh waktu kurang lebih satu tahun bagi Sigra, menggeser Xenia menjadi model yang paling laris untuk merek Daihatsu. Kondisi ini berbeda dengan yang terjadi di Toyota, di mana Avanza masih menjadi yang terkuat, dan belum tersaingi Calya.

Amelia Tjandra, Direktur Marketing Astra Daihatsu Motor (ADM) saat dijumpai di Keio Plaza Hotel, Tokyo, Jepang mengatakan, kalau ini terjadi bukan karena penurunan Xenia, tapi lebih kepada kondisi pasar.

“Xenianya tidak bergerak turun, secara share atau rangking kami masih tetap nomor dua (di segmen LMPV). Meski kedatangan model baru seperti Mitsubishi Xpander, tapi pasar LMPV masih tidak naik,” ujar Amelia, Selasa (24/10/2017).

Baca juga : Harga LCGC Oktober, Daihatsu Masih Termurah

“Saat ini paling besar nomor satu yaitu Sigra sebanyak 4.000-an  unit perbulanya, dikuti Gran Max 4.000-an unit juga, dan kemudian yang ketiga ada Xenia sebanyak 3.200-an unit,” ujar Amelia.

Jika melihat data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) periode Januari sampai September 2017, urutan pertama adalah keluarga Gran Max 1.3L dan 1.5L, dengan total pencapaian 41.576 unit, atau berkontribusi 29,65 persen.

Sementara ditempat kedua ada Sigra, dengan raihan sembilan bulan di 2017 sebesar 32.171 unit, dengan kebagian jatah 22,94 persen. Baru disusul Xenia yang harus turun ke posisi ketiga dengan perolehan 28.084 unit, dengan kontribusi 20,03 persen.

Wholesales Daihatsu Januari-September 2017 (diolah dari data Gaikindo 2017).Ghulam/KompasOtomotif Wholesales Daihatsu Januari-September 2017 (diolah dari data Gaikindo 2017).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com