Laporan Langsung dari Jepang

Daihatsu Sebut Xenia Belum Kalah dari Xpander

Kompas.com - 25/10/2017, 10:02 WIB
Xenia Custom Stanly/OtomaniaXenia Custom
|
EditorAzwar Ferdian

Tokyo, KompasOtomotif – Hanya butuh waktu kurang lebih satu tahun bagi Sigra, menggeser Xenia menjadi model yang paling laris untuk merek Daihatsu. Kondisi ini berbeda dengan yang terjadi di Toyota, di mana Avanza masih menjadi yang terkuat, dan belum tersaingi Calya.

Amelia Tjandra, Direktur Marketing Astra Daihatsu Motor (ADM) saat dijumpai di Keio Plaza Hotel, Tokyo, Jepang mengatakan, kalau ini terjadi bukan karena penurunan Xenia, tapi lebih kepada kondisi pasar.

“Xenianya tidak bergerak turun, secara share atau rangking kami masih tetap nomor dua (di segmen LMPV). Meski kedatangan model baru seperti Mitsubishi Xpander, tapi pasar LMPV masih tidak naik,” ujar Amelia, Selasa (24/10/2017).

Baca juga : Harga LCGC Oktober, Daihatsu Masih Termurah

“Saat ini paling besar nomor satu yaitu Sigra sebanyak 4.000-an  unit perbulanya, dikuti Gran Max 4.000-an unit juga, dan kemudian yang ketiga ada Xenia sebanyak 3.200-an unit,” ujar Amelia.

Jika melihat data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) periode Januari sampai September 2017, urutan pertama adalah keluarga Gran Max 1.3L dan 1.5L, dengan total pencapaian 41.576 unit, atau berkontribusi 29,65 persen.

Sementara ditempat kedua ada Sigra, dengan raihan sembilan bulan di 2017 sebesar 32.171 unit, dengan kebagian jatah 22,94 persen. Baru disusul Xenia yang harus turun ke posisi ketiga dengan perolehan 28.084 unit, dengan kontribusi 20,03 persen.

Wholesales Daihatsu Januari-September 2017 (diolah dari data Gaikindo 2017).Ghulam/KompasOtomotif Wholesales Daihatsu Januari-September 2017 (diolah dari data Gaikindo 2017).

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X