Ingat Lagi Bahaya Sinar Lampu Putih di Musim Hujan

Kompas.com - 20/10/2017, 09:42 WIB
Ilustrasi HID sinar putih Stanly/KompasOtomotifIlustrasi HID sinar putih
Penulis Stanly Ravel
|
EditorAzwar Ferdian


Jakarta, KompasOtomotif - Penggunaan lampu High Intensity Discharge (HID), yang konon memiliki sinar putih memang bisa membuat tampilan kendaraan lebih mewah. Namun perlu diingat, pada musim hujan seperti ini penggunaan lampu HID  justu bisa berbahaya.

Meski terlihat terang dalam cuaca panas, namun ketika berkendara di bawah guyuran hujan, sinar putih HID justru lemah. Artinya, pancaran sinar tidak sanggup menembus derasnya hujan yang menurunkan visibilitas pengendara.

Menurut Koordinator Autovision di MGK Kemayoran Marco, cahaya putih pada lampu HID memiliki sifat buruk karena memantulkan cahaya saat hujan.

"Saat sedang diguyur hujan atau kabut, sinar putih akan memantul seperti cermin. Kondisi tersebut membuat pengendara akan silau yang membuat jarak pandang makin terganggu," ujar Marco beberapa waktu lalu kepada KompasOtomotif.

Baca : Salah Kaprah soal Lampu Menggangu, Tapi "Pede"

Menurut Marco, lampu kuning justru memiliki pancaran sinar yang baik untuk menembus hujan atau kabut. Sedangkan secara intensitas cahaya, yang baik kisarannya di 3.000 sampai 5.000 kelvin.

Ford kembangkan lampu depan yang bisa mendeteksi pejalan kaki di pinggir jalan.Autofile Ford kembangkan lampu depan yang bisa mendeteksi pejalan kaki di pinggir jalan.

Di bawah 5.000 kelvin cahaya lampu biasanya berwarna kuning pijar sampai mendekati clear. Namun bila sudah di atas 6.000 kelvin maka sinarnya berwarna putih.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal serupa juga sudah pernah disampaikan Iwan Abdurahman, General Repair Service Manager Toyota Astra Motor (TAM). Menurutnya, dalam kondisi hujan dan kabut sinat putih HID akan cenderung kalah dengan lingkungan sekitar.

"Lampu berwarna kuning masih bisa memberikan visiblitas yang baik, paling tidak bisa sebagai penanda untuk kendaraan lain dari arah depan," ucap Iwan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.