Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai Lampu HID, Makin Gaya tapi Tetap Aman

Kompas.com - 11/08/2015, 14:02 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Modifikasi kendaraan menggunakan lampu HID (High Intensity Discharge) sudah menjadi tren bagi sejumlah orang. Produk aftermarket di pasar aksesori pun sudah menjamur, sehingga masyarakat bisa dengan mudah membelinya.

Beragam tempat atau toko aksesori menawrakan produk lampu HID buat kendaraan roda dua arau roda empat. Salah satunya adalah toko Auto Light and Car Accessories di Pasar Mobil Kemayoran, blok M, nomor 37 Jakarta Pusat.

“Kita menjual beragam lampu seperti HID, LED, Proyektor dan menerima pemasangan di tempat,” ungkap Marsum penjaga toko tersebut saat ditemui KompasOtomotif, Senin (10/8/2015).

Harga yang ditawarkan pun beragam, mulai dari LED yang dijual Rp 50, hingga Rp 1,8 juta untuk proyektor. Lampu seperti HID dijualnya dengan banderol Rp 1,5 juta dan tingkat pencahayaannya pun berbeda-beda.

“Ada yang 6.000 atau 8.000 kelvin, hingga 16.000 kelvin. Tapi kebanyakan orang pasang yang 8.000 kelvin agar tidak terlalu terang. Kita terima pasang untuk mobil dan juga motor,”  kata dia.

Marsum menambahkan, dengan menggunakan lampu HID, pencahayaan saat berkendara apalagi di malam hari akan terlihat lebih jelas. Cukup dengan menggunakan lampu berdaya 6.000 sampai 8.000 kelvin, visibilitas berkendara malam hari akan bertambah.

“Tidak terlalu terang dan juga tidak terlalu redup kalau pilihannya yang 6.000 atau 8.000 kelvin, sehingga tidak membuat pengendara lain merasa silau,” tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com