Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ban Berputar 360 Derajat dari Korea Selatan

Kompas.com - 01/10/2017, 15:02 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Neu-Isenburg, KompasOtomotif – Masih bisa dihitung dengan jari, produsen ban yang mulai meyodorkan teknologi perputaran 360 derajat (berbentuk bola). Salah satu yang concern adalah produsen karet bundar asal Korea Selatan, Hankook.

Baru-baru ini di Jerman, Hankook kembali menampilkan inovasi progresif terbarunya sebagai bagian dari kampanye The Next Driving Lab: perputaran 360 derajat ban yang disebut ”Ball Pin Tire".

Inilah proyek ketiga Hankook pada payung besar The Next Driving Lab sejak 2013. Tujuan menciptakan ban seperti itu dikatakan demi memberi pengalaman berkendara yang futuristik.

"Ball Pin Tire" sendiri adalah ban unik yang mampu bergerak dalam lingkaran 360 derajat penuh. Ini memungkinkan terjadinya belokan sudut kanan-kiri dan mengemudi zig-zag.

Dipadu dengan mobil satu penumpang pakai tekonologi girkoskop.Hankook Dipadu dengan mobil satu penumpang pakai tekonologi girkoskop.
Untuk membantu ban ini mencapai potensi penuh dari teknologi futuristiknya, Hankook Tire memasang giroskop canggih dan tiga sistem omni-wheel ke dalam kendaraan.

Giroskop dan sensor gyro mengukur dan mendeteksi sudut tiga dimensi pada kendaraan untuk menjaga keseimbangan antara badan kendaraan dan ban.

Baca: Minyak Kedelai untuk Campuran Kompon Ban?

Selain itu, kontrol presisi dari tiga sistem omni-wheel memberikan kebebasan bagi pengendara untuk mengemudi secara fleksibel dalam kecepatan berapa pun.

"Kami terus berharap dapat mengadirkan inovasi baru terhadap komitmen jangka panjang memimpin industri kendaraan di masa mendatang. Caranya, mengembangkan teknologi inovatif yang melebihi batas," kata Seung Hwa Suh, Vice Chairman & CEO Hankook Tire, dalam siaran resmi (28/9/2017).

Kampanye The Next Driving Lab diluncurkan pada 2013 dengan meresmikan Mobil Kreatif Digital (Digital Creative Car) Hankook Tire pada jalan-jalan umum di Seoul, Korea Seatan.

Program terbaru dari kampanye ini adalah pameran Mind Reading Tire, yang menampilkan ban yang mampu merespons perintah gelombang otak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com