Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desain Ban Juga Bisa ”Bulat Futuristik”

Kompas.com - 22/06/2017, 13:05 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Seoul, KompasOtomotif – Desain ban di masa depan tak akan melulu bulat seperti donat. Salah satunya seperti yang diciptakan Hankook Tire dengan produk bernama Flexup. Ban premium ini pun mendapat penghargaan perunggu untuk ban konsep futuristik inovatif di ajang International Design Excellence Awards (IDEA) 2017.

IDEA merupakan kompetisi desain internasional bergengsi yang disponsori setiap tahunnya oleh Industrial Designers Society of America (IDSA), dinilai oleh para ahli desain papan atas dari seluruh dunia. Ajang ini dikenal sebagai salah satu dari tiga penghargaan paling bergengsi di dunia selain iF Design Award dan Red Dot Award.

Hankook Tire Flexup menerima penghargaan Perunggu di IDEA 2017, mencerminkan desain inovatif yang dapat mengarahkan kita ke masa depan berkendara dan menghadirkan citra merek yang inovatif.

Sementara itu, ban lain dari Hankook tipe Shiftrac menerima penghargaan Finalis, berhasil membuktikan filosofi desain dengan orientasi masa depan serta menunjukkan teknologi inovatif.

Flexup bisa digunakan untuk kendaraan bermuatan satu orang yang bisa mengakses medan sulit seperti tangga, benturan, dan hal lainnya di dalam kota dengan kondisi jalan yang sempit. Prinsipnya, menggerakkan tapak ban yang melebar atau berkontraksi, hingga mencapai kecepatan 35 kpj dalam lingkungan kota.

Sementara Shiftrac adalah konsep ban berbasis Hyper Agility, dirancang untuk melakukan pergerakan mulus dan lincah di dalam kota besar, melalui prinsip peralihan atau skating yang mendorong ke arah luar. Ini memungkinkan akselerasi yang baik di tikungan dan pada perubahan medan tertentu.

Sebelum pencapaian tahun ini, Hankook Tire telah meraih serangkaian hasil memuaskan melalui program-program desain inovasi. Perusahaan sebelumnya telah mengangtongi IDEA 2015, the Luminary award di Red Dot Award, dan iF Gold Award 2016 berkat inovasinya untuk produk Boostrac, Alpike, serta Hyblade, yang bekerja sama dengan Pforzheim University di Jerman.

"Keberhasilan yang kami ini membuktikan pengakuan global terhadap Hankook Tire atas kemampuan filosofi desainnya yang inovatif untuk masa depan," kata Seung Hwa Suh, Vice Chairman dan CEO Hankook Tire.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com