AHM Siapkan Tenaga Ahli dari SMK di Jawa Barat

Kompas.com - 28/07/2017, 14:49 WIB
Siswa SMK jurusan Teknik Sepeda Motor (TSM) Astra Honda melakukan praktek di laboratorium TSM Astra Honda. AHMSiswa SMK jurusan Teknik Sepeda Motor (TSM) Astra Honda melakukan praktek di laboratorium TSM Astra Honda.
Penulis Stanly Ravel
|
EditorAgung Kurniawan

Cikarang, KompasOtomotif - PT Astra Honda Motor (AHM) kembali dipercaya Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengembangkan pendidikan vokasi yang selaras dengan dunia industri. Dalam pembinaan tahap III yang dikhususnya untuk wilayah Jawa Barat ini AHM akan menggandeng 20 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).  

Disaksikan oleh Presiden Joko Widodo, komitmen AHM dalam mendukung pengembangan SMK diperkuat dengan pemberian 20 unit sepeda motor Honda BeAT dan special tools prkatik kerja bengkel. Melalui kerja sama ini AHM bersama Kemenperin telah memiliki 52 SMK Pilot Project berbasis kompetensi teknologi motor yang tersebar di DKI Jakarta, Banten, Sulawesi Selatan, Jawa Timur, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan provinsi Jawa Barat.

Ketua Pendidikan Satu Hati AHM Ahmad Muhibbuddin, mengatakan komitmen AHM dalam mengembangkan pendidikan vokasi sudah dimulai sejak 2010 melalui implementasi Kurikulum Teknik Sepeda Motor (KTSM) Astra Honda. Dengan program tersebut, AHM membekali generasi muda yang tengah menimba ilmu di jenjang SMK agar bisa memperkuat kompetensi teknik sesuai perkembangan teknologi di industri sepeda motor Tanah Air.

Baca : Jokowi Resmikan Vokasi Industri Tahap III

"Sebagai pelaku indutri, kami ingin bersama pemerintah melakukan kesiapan tenaga terampil melalui pendidikan vokasi. Penguasaan pengetahuan dan keterampilan teknik sepeda motor yang mumpuni akan memudahkan siswa SMK terjun ke masyarakat memberikan layanan purna jual. Kami akan melanjutkan program KTSM Astra Honda ini yang kini telah diimplementasikan di 652 SMK di seluruh Indonesia,” ujar Muhib yang juga menjabat sebagai Deputy Head of Corporate Communication AHM di sela-sala persemian Vokasi Industri Jawa Barat di PT Astra Otoparts, Cikarang, Jumat (28/7/2017).

Program Komprehensif

Pengembangan pendidikan vokasi industri dilakukan AHM dengan merumuskan Kurikulum Teknik Sepeda Motor yang menjadi materi ajar di SMK binaan. Kurikulum ini disusun dan dikembangkan secara komprehensif yang secara periodik disesuaikan dengan perkembangan teknologi sepeda motor Honda.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penandatangan kerja sama Vokasi Tahap III di Cikarang, Jawa BaratStanly/KompasOtomotif Penandatangan kerja sama Vokasi Tahap III di Cikarang, Jawa Barat

AHM juga memberikan donasi sepeda motor dan peralatan khusus serta buku-buku tentang informasi teknik yang jadi acuan praktik siswa di sekolah. Bahkan pembekalan berupa pelatihan dan sertifikasi kompetensi guru yang menjadi pengajar kurikulum.

Khusus siswa SMK, AHM memfasilitasi pelaksanaan Praktik Kerja Industri (Prakerin) di jaringan bengkel resmi Honda, yaitu Astra Honda Authorized Service Station (AHASS). Secara konsisten AHM juga mengadakan kompetisi teknik antar siswa secara berjenjang dari tingkat provinsi hingga nasional untuk mengukur keterampilan siswa dan efektivitas implementasi kurikulum bagi siswa.

"Kami berusaha mengelola pendidikan vokasi sepeda motor secara komprehensif dan terintegrasi untuk masifikasi implementasi kurikulum kami di SMK. Secara berkala kami juga melakukan supervisi dan evaluasi SMK Binaan kami bersama Main Dealer Honda yang ada di seluruh Indonesia," kata Muhib.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.