Kompas.com - 28/07/2017, 07:23 WIB
Penulis Stanly Ravel
|
EditorAgung Kurniawan

Cikarang, KompasOtomotif - PT Astra Otoparts melalui anak perusahaannya, PT Velasto Indonesia, siap memasarkan produk komersial bernama Wintor. Kendaraan hasil produksi lokal karya anak bangsa ini akan bermain di segmen agricultural special vehicle (ASV).

Director PT Velasto Indonesia Reiza Treistanto, menjelaskan, Wintor merupakan kendaraan berjenis mini traktor yang diciptakan sebagai solusi transportasi untuk kebutuhan di perkebunan sawit.

Baca : Astra Otoparts Kantongi RP 12,8 T pada 2016

"Aplikasi dari Wintor adalah untuk kendaraan pengangkut buah kelapa sawit dan membawa pupuk di perkebunan. Kita mulai proses pembuatan dari sebuah prototipe di 2011 dan berlanjut hingga masuk ke produksi masal pada 2013 lalu," ucap Reiza di Cikarang, Jawa Barat, Kamis (27/7/2017).

Menurut Reiza, meski sudah diproduksi sejak empat tahun lalu, namun untuk penjualan sesungguhnya mulai tahun ini. Sedangkan selama masa pengembangan tersebut, populasi dari Wintor di Tanah Air sudah 1.200 unit, yang dibeli oleh perusahaan di bawah naungan Astra grup.

"Jadi selama ini dipasarkan untuk kalangan internal Astra sekaligus untuk uji pengembangan produk. Dalam kurun waktu tersebut Wintor sendiri sudah melahirkan lima generasi melalui banyak pengembangan-pengembangan yang kita lakukan," kata Reiza.

Wintor - Mini Traktor Kelapa Sawit Wintor - Mini Traktor Kelapa Sawit

Dari sisi spesifikasi, Wintor dimodali mesin diesel Kubota OC95 berkapasitas 400 cc dengan transmisi manual tiga percepatan yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 10 tk dengan kecepatan maksimum 28 kpj. Sistem pengeraknya sudah mengaplikasi optional rear wheels with locking yang membuatnya cocok digunakan di medan perkebunan.

Menggunakan rangka tabular, mini traktor produksi Astra Otoparts ini memiliki tiga varian dengan daya angkut yang berbeda-beda. Untuk Composter memiliki daya angkut 300 kg, XP500 480 kg, dan XH500 600 kg. Sementara untuk harga, rencananya PT Velasto akan memasarkan Wintor mulai dari Rp 60 jutaan.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.