Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mazda CX-9 Siap Menyusul ke Indonesia

Kompas.com - 13/07/2017, 08:01 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Banyuwangi, KompasOtomotif – Setelah kabar soal CX-5 yang akan mengaspal di Indonesia,  informasi lainnya yaitu model CX-9 yang kemungkinan akan diperkenalkan awal 2018 mendatang. Namun, pihak PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) belum mau berbicara secara detail.

Roy Arman Arfandy, Presiden Direktur PT EMI mengatakan, kalau pihaknya masih menyesuaikan spesifikasi produk CX-9 agar sesuai dengan market Indonesia. Di Malaysia saja, CX-9 baru saja meluncur pada awal tahun 2017 ini.

“Kemungkinan awal tahun depan. Saat ini masih banyak penyesuaian dengan kondisi market Indonesia. Karena terus terang, CX-9 untuk di sini belum tentu sama dengan spesifikasi yang ada di Singapura atau Brunei,” ujar Roy, Rabu (14/7/2017).

Roy menambahkan, satu hal yang pasti kalau CX-9 juga akan menggendong jantung pacu baru. Karena mesin lama dengan  kapasitas 3.800cc, disebut sudah tidak sesuai dengan kondisi pasar dan pajak yang terlalu mahal.

“CX-9 yang akan kami hadirkan itu akan berbeda dengan model lawas. Kemungkinan mesin 3.000cc ke atas itu tidak dipertahankan lagi. Kami sedang melihat mana yang paling pas,” ucap Roy.

“Kemudian yang 3.000cc itu kan pajaknya sudah mahal, ini juga yang kami lihat. Kami sedang lihat ulang spesifikasinya. Kami akan finalisasi juga CX-9 dengan pihak Mazda Jepang, karena marketnya sudah berbeda sekarang,” ucap Roy.

Jika begitu, memang yang paling realistis adalah mesin 2.5L SkyActiv-G turbocharged, yang juga sudah meluncur di Malaysia.  Kemampuannya mencapai 228 tk @5.000 rpm, sementara torsinya di 420 Nm @2.000 rpm. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com