Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mazda CX-5 Terbaru Masih Pakai Mesin Lawas

Kompas.com - 12/07/2017, 08:22 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Malang, KompasOtomotif – Model Mazda CX-5 generasi kedua model year 2017, yang akan dipasarkan di Indonesia, ternyata masih mengadopsi mesin yang sama dengan produk sebelumnya. Meski begitu, perubahannya dianggap cukup baik.

Dari data teknis yang dipaparkan Bonar Damarjati Pakpahan, Product Planning Expert Eurokars Motor Indonesia (EMI) disebutkan, meski tak mengubah mesin tapi improvisasi dari sisi software, sebuah menghasilkan mobil dengan tenaga yang lebih tinggi.

“Untuk SkyActiv-G itu sendiri tidak ada perombakan total atau secara mekanis, tapi ada sedikit revisi, sehingga hasilnya, kami mengalami sedikit peningkatan power dan torsi,” ujar Bonar, Selasa (11/7/2017).

“Maksimum power mesin di model sebelumnya hanya 187 PS @5700 rpm, naik menjadi 190 PS @6000. Sementara untuk torsinya, bertambah 1 Nm, dari menjadi 250 Nm @3.250 rpm ke 251 Nm @3.250 rpm,” tutur Bonar.

Baca: Sebelum Meluncur, Mazda CX-5 Terbaru ?Digeber? Malang-Bali

Soal penjelasan mengapa mesin tidak di-upgrade, Bonar menuturkan, kalau pihak Mazda masih fokus untuk mengembangkan bodi dan interior. Meski begitu, Mazda juga tidak menghentikan risetnya soal mesin baru.

“Pada saat ini, Mazda konsentrasinya lebih banyak di development bodi dan interior. Namun tentu saja, pihak R&D masih tetap riset untuk teknologi mesin yang lebih baik, jadi tunggu kabar baik dari Mazda,” ujar Bonar.

Mazda CX-5 generasi kedua ini disediakan dengan pilihan mesin Skyactive-G 2.5, dengan dua varian, GT dan Elite untuk tipe tertingginya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com