Kompas.com - 05/07/2017, 19:31 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

California, KompasOtomotif – Kita seolah-olah sudah berada di penghujung masa revolusi sepeda motor menuju tenaga baterai, alias motor listrik. Meski, kenyataannya tak banyak yang terealisasi. Namun Suzuki tetap punya strategi ke arah tersebut dengan menyiapkan GSX-R bertenaga listrik.

Hal ini diketahui dari bocornya dokumen pematenan produk yang menggambarkan teknologi masa depan sepeda motor sport Suzuki. Memang belum tentu terealisasi juga, namun setidaknya, tim riset dan pengembangan pabrikan Jepang itu sudah pernah merancangnya.

Dilihat dari gambar, pola desain motor listrik Suzuki ini berbeda dengan kebanyakan merek lain. Mesin motor dipasang longitudinal, lalu disambungkan dengan roda gigi dengan transmisi enam percepatan.

Girboks dengan banyak percepatan yang dipasangkan pada motor listrik bukanlah hal baru. Sistem ini masih bisa diterima, karena persebaran torsi dan range putaran mesin yang fleksibel. Banyak gigi justru dianggap memberi keuntungan berbeda.

Girboks seperti ini memberikan fleksibilitas yang sangat baik, dan bakal gampang diterima oleh pengendara yang biasa memakai sepeda motor berbahan bakar. Artinya, bakal ada kopling juga, merupakan hal tak biasa ditemui pada sepeda motor listrik.

Motor tampak lebih panjang, memberikan ruang pada fairing untuk meletakkan panel baterai. Demi menjaga area baterai ini bersih, sepeda motor menggunakan rangka cradle, seperti GSX-R lawas yang menjadi salah satu ciri khas Suzuki masa lalu.

Gambar pematenan produk itu juga menunjukkan bahwa desain bodi sepeda motor lebih ke arah klasik. Ciri khasnya, buntut kotak dan pelek tiga palang. Tapi jika nanti diproduksi, soal styling bisa sangat mudah diganti.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber visordown


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.