Honda Siap Jadi Pemasok Motor Kendaraan Listrik

Kompas.com - 03/07/2017, 19:36 WIB
Mesin Honda Jazz Hybrid paultan.orgMesin Honda Jazz Hybrid
|
EditorAris F Harvenda

Tokyo, KompasOtomotifHonda bakal menjadi salah satu pemain utama untuk memasok motor buat kendaraan-kendaraan listrik dunia. Ini setelah Honda Motor Co. Ltd. bersama Hitachi Automotive Systems, Ltd. mengumumkan (3/7/2017) soal pendirian perusahaan patungan untuk mengembangkan, memproduksi, dan menjual motor kendaaran listrik.

Perusahaan itu bernama Hitachi Automotive Electric Motor Systems Ltd, berada di Hitachinaka-shi, Prefektur Ibaraki, Jepang. Honda setor 49 persen saham, sedangkan Hitachi sedikit pegang kendali dengan share 51 persen. Perusahaan akan didimpin Noboru Yamaguchi sebagai Presiden.

Seperti sudah diumumkan pada 7 Februari 2017 lalu, kedua perusahaan menyeriusi pembicaraan berdasarkan penandatanganan MoU, empat hari sebelumnya. Hingga pada 24 Maret 2017, kedua perusahaan sepakat bikin perusahaan baru dengan mempercepat pengurusan.

Perusahaan baru itu pun akan menerima kucuran dana dari Perfektur Ibaraki, karena relevan dengan program daerah yang merangsang untuk berbagai perusahaan menjadikan Ibaraki sebagai kawasan kantor utama (Head Office).

Hitachi Automotive Electric Motor Systems, Ltd atau perusahaan baru akan merespons pertumbuhan dan permintaan dari berbagai produsen untuk motor kendaraan elektrik. Honda berjanji menyajikan motor yang kompetitif, berdasarkan pengalaman dan keahlian Hitachi.

Ya, Honda siap menjadi pemasok motor listrik untuk merek-merek lain jika memang dibutuhkan pabrikan lain. Langkah ini menjadi sangat strategis, mengingat setiap merek sudah memikirkan kendaraan listrik untuk menyokong tren masa depan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Honda
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.