Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Siap Jadi Pemasok Motor Kendaraan Listrik

Kompas.com - 03/07/2017, 19:36 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Honda

Tokyo, KompasOtomotifHonda bakal menjadi salah satu pemain utama untuk memasok motor buat kendaraan-kendaraan listrik dunia. Ini setelah Honda Motor Co. Ltd. bersama Hitachi Automotive Systems, Ltd. mengumumkan (3/7/2017) soal pendirian perusahaan patungan untuk mengembangkan, memproduksi, dan menjual motor kendaaran listrik.

Perusahaan itu bernama Hitachi Automotive Electric Motor Systems Ltd, berada di Hitachinaka-shi, Prefektur Ibaraki, Jepang. Honda setor 49 persen saham, sedangkan Hitachi sedikit pegang kendali dengan share 51 persen. Perusahaan akan didimpin Noboru Yamaguchi sebagai Presiden.

Seperti sudah diumumkan pada 7 Februari 2017 lalu, kedua perusahaan menyeriusi pembicaraan berdasarkan penandatanganan MoU, empat hari sebelumnya. Hingga pada 24 Maret 2017, kedua perusahaan sepakat bikin perusahaan baru dengan mempercepat pengurusan.

Perusahaan baru itu pun akan menerima kucuran dana dari Perfektur Ibaraki, karena relevan dengan program daerah yang merangsang untuk berbagai perusahaan menjadikan Ibaraki sebagai kawasan kantor utama (Head Office).

Hitachi Automotive Electric Motor Systems, Ltd atau perusahaan baru akan merespons pertumbuhan dan permintaan dari berbagai produsen untuk motor kendaraan elektrik. Honda berjanji menyajikan motor yang kompetitif, berdasarkan pengalaman dan keahlian Hitachi.

Ya, Honda siap menjadi pemasok motor listrik untuk merek-merek lain jika memang dibutuhkan pabrikan lain. Langkah ini menjadi sangat strategis, mengingat setiap merek sudah memikirkan kendaraan listrik untuk menyokong tren masa depan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Honda
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com