Bandingkan Spesifikasi "MPV Sejuta Umat" China dan Jepang

Kompas.com - 10/06/2017, 04:53 WIB
Wuling Confero S. Ghulam/KompasOtomotifWuling Confero S.
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Segmen low multi purpose vehicle (LMPV) atau mobil yang muat banyak penumpang dengan harga murah masih “seksi” di Indonesia. Meski di pasar dunia, SUV sedang bergairah tapi di dalam negeri belum sepenuhnya mengikuti arus tersebut.

Satu dari dua calon pendatang baru sudah melakukan pendekatan ke pasar, yaitu Wuling Confero S, MPV berdarah China. Sementara Small MPV Mitsubishi masih disimpan rapat oleh merek berlambang tiga berlian tersebut.

Jika soal harga sudah dibahas sebelumnya, di mana merek asal China ini punya banderol yang mengejutkan murahnya dibanding kompetitornya, sekarang giliran melihat bagaimana spesifikasi masing-masing dari MPV sejuta umat yang populer di dalam negeri.

Baca juga : Adu Harga “MPV Sejuta Umat” China dan Jepang

Wuling Confero S

MPV baru Wuling yang sudah mulai dipasarkan ini, menggendong mesin 1.5L 4-silinder DOHC, D-VVT, yang disebut sanggup memuntahkan tenaga sampai 107 tk @5.800rpm, dengan torsi 142Nm @3.800-4.400rpm. Saat ini, Wuling Indonesia baru menyediakan Confero S bertansmisi manual 5-percepatan.

Dibanding pesaingnya seperti Avanza, Xenia, Mobilio dan Ertiga, hanya Confero S yang disediakan dengan konfigurasi kursi captain seat dan juga standar. Begtu juga dengan fiturnya, mulai dari Tire Pressure Monitoring System (TPMS), dan remote kunci yang bisa membuka kaca mobil dari jarak jauh.

Tak ketinggalan ada juga dual airbag, Auto Door Lock, ABS (anti-lock braking system) dan EBD (electronic brake force distribuction). Jika bertanya soal jaringan purna jual, Wuling Indonesia menjanjikan 50 dilernya sudah ada diseluruh Indonesia ketika model perdananya ini dipasarkan.

Indianautosblog Toyota Grand New Avanza

Toyota Avanza

Mendapat penyegaran baru pada Agustus 2015 lalu, Toyota menghadirkan Avanza dengan dua pilihan mesin 1NR 1.3L dan 2NR 1.5Lm yang sudah dilengkapi dengan teknologi katup variabel ganda (dual VVT-i) dan drive by wire.

Mesin ini diklaim memiliki tenaga 96,5 PS (94,57tk) @6.000 dan torsi 12,3 kg.m @4.200rpm untuk varian 1.3L, sementara untuk yang 1.5L sanggup menyemburkan tenaga sampai 104 PS (101,92tk) @6.000 dan torsi 13,9 kg.m @4.200rpm.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X