Karyawan Suzuki Motor, Dituduh Palsukan Emisi di AS

Kompas.com - 08/06/2017, 19:07 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Michigan, KompasOtomotif – Seorang karyawan Suzuki Motor Amerika diseret ke pengadilan, atas tuduhan memanipulasi dokumen emisi yang diajukan ke pihak Environmental Protection Agency (EPA) sebagai bagian dari pekerjaannya dengan Suzuki, menyampaikan laporan ke pemerintah Amerika Serikat.

Sebuah pengajuan yang dibuat oleh Pengadilan Distrik AS untuk Distrik Timur Michigan pada tanggal 2 Juni, menuduh Wayne Powell dengan secara sengaja membuat pernyataan salah, dalam sebuah laporan mengenai "sertifikat kesesuaian" yang dibutuhkan sebagai bagian dari Clean Air Act (undang-undang udara bersih).

Dalam pernyataan palsu tersebut, pemerintah AS mengatakan bahwa Powell mengubah nomor produksi Suzuki untuk model 2012, sehingga perusahaan tidak melebihi total jatah emisi yang diizinkan oleh pemerintah.

Mengutip Asphaltandrubber, Pemerintah AS mengatakan, kalau laporan yang diajukan oleh Powell mengindikasikan adanya perbedaaan jumlah produksi untuk empat model mesinnya. Kejanggalan ditemukan pada saat Powell memberikan laporan kedua sebagai perubahan atas laporan pertamanya.

Saat ini, belum ada pernyataan resmi yang dikeluakan pihak Suzuki. Pemerintah AS melalui EPA saat ini memang sangat ketat mengawal emisi kendaraan, dalam upayanya menurunkan polusi udara. Di mana kasus pertama melanda merek mobil Volkswagen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.