Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makin Jelas, Suzuki Siap Jual Baleno Hatchback

Kompas.com - 07/06/2017, 03:01 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Simpang-siur tentang kepastian penjualan Baleno Hatchback sedikit lebih terbuka sekarang. Aktivitas distribusi ternyata sudah dilakukan, diketahui dari terpergoknya mobil yang dibuat di India itu sedang ”digendong” di ruas tol Jakarta-Cikampek, Selasa (6/6/2017).

Sebelumnya, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sudah pernah memajang model ini di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 lalu, berbarengan dengan S-Cross. Saat itu, SIS menyatakan masih melihat respons pasar, dan akhirnya memutuskan jual S-Cross lebih dulu.

Roderick Adrian Moses/Otomania Suzuki Baleno Hatchback tertangkap kamera sedang dikirim menuju gudang
Aktivitas distribusi menunjukkan SIS siap menjualnya dalam waktu dekat. Dikutip dari Otomania.com, berdasarkan informasi dari wiraniaga, mobil ini bahkan sudah bisa dipesan dengan uang tanda jadi Rp 5 juta, sama seperti besaran untuk meminang Jimny.

Kendati demikian, harga lengkap belum ada gambaran. Mobil yang diimpor utuh dari India itu kemungkinan besar bakal bersaing dengan mobil-mobil kelas hatchback lainnya macam Toyota Yaris atau Honda Jazz, meski Suzuki juga sudah punya Swift, dan pastinya bakal merilis versi terbaru.

Baleno yang sudah kondang dengan model sedan era 2000-an, kini memang tampil dengan model hatchback, yang akan menambah kekuatan SIS di segmen berbeda. Baleno secara dimensi akan menawarkan sesuatu yang lebih ketimbang hatchback lain, karena lebih lega.

Otomania/Setyo Adi Suzuki Baleno di Booth Suzuki di GIIAS 2016
Dimensinya terekam 3,995 m (panjang), 1,745 m (lebar), dan 1,5 m (tinggi). Bodinya dirancang di atas wheelbase 2,52 m. Ukuran itu lebih bongsor ketimbang Swift dengan panjang 3,85 m, lebar 1,695 m, dan tinggi 1,51 m. Wheelbase Swift juga cuma 2,43 m.

Soal mesin, belum ada bocoran. Bahkan SIS masih menutup rapat. Di India, model ini dibekali tiga pilihan jantung pacu, 1.000 cc Boosterjet 3-silinder turbo, 1.200 cc 4-silinder Dualjet SHVS (Smart Hybrid Vehicle Suzuki), atau 1.300 cc diesel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com