Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proton Bayu, SUV Pertama Malaysia Mengintip

Kompas.com - 05/06/2017, 15:12 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Kuala Lumpur, KompasOtomotifProton mulai menjajaki pasar selain sedan, hatchback, dan MPV. Hal itu diketahui setelah pusat riset dan pengembangan desain untuk teknologi komunikasi dan informasi milik pemerintah Malaysia (MIMOS) melempar sketsa desain sebuah SUV yang dinamai Bayu.

Hanya satu gambar Proton Bayu yang tersaji, yakni tampak belakang dengan tampilan miring. Dari sini, sudah cukup disimpulkan bahwa perusahaan pelat merah Negeri Jiran itu akan mengadopsi desain deang Geely Boyue, salah satu model SUV yang cukup sukses di China.

Ya, pergerakan Proton dalam beberapa tahun ke depan setelah mayoritas sahamnya dibeli Geely-China, bakal semakin gesit. Inilah salah satunya, mengembangkan jajaran produk untuk masuk ke segmen kendaraan yang sedang tren di dunia, yakni SUV.

paultan.org Geely Boyue, inspirasi desain SUV Proton.
Seperti dilansir Paultan.org, (4/6/2017), Proton memang sudah mengumumkan minggu lalu bakal membangun SUV pertama mereka yang terinspirasi dari Boyue. Nantinya, Bayu akan berdiri menggunakan basis hatchback segmen-C Suprima X.

Jika dilhat dari sketsa, desain dasar Boyue sangat kental. Namun MIMOS memberikan sejumlah perbedaan. Ubahan yang paling kentara adalah munculnya aksen krom model L yang memanjang dari pilar C ke depan mengikuti garis jendela bawah.

Atap terasa makin cantik setelah dilabur hitam, namun tetap ada beberapa pernik krom di bagian garis samping atas. Lampu belakang tak dibiarkan sama persis, di mana milik Bayu lebih membulat, dan kepunyaan Boyue ada patahan lampu di bagian pintu.

Jadi, bagaimana menurut Anda? Apakah Bayu akan menyuntikkan tenaga baru untuk Proton yang sedang lesu?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com