Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih Detail dengan Honda Jazz "Facelift" Hibrida

Kompas.com - 15/05/2017, 12:14 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Kuala Lumpur, KompasOtomotif - Honda Malaysia akhirnya mengenalkan Jazz facelift yang hadir dengan dua pilihan mesin, hibrida dan bensin. Ini sekaligus menjadi penampilan perdana Jazz facelift di luar Jepang.

Seperti yang telah diungkapkan sebelumnya, secara desain antara Honda Jazz facelift versi Jepang dan Malaysia berbeda. Dilansir dari Paultan, salah satu perbedaan paling signifikan ada pada bentuk bumper dan model pelek yang digunakan.

Baca : Honda Jazz "Facelift" Hibrida Meluncur Duluan di Malaysia

Malaysia juga akan menjadi negara pertama yang memasarkan Jazz bermesin hibrida di luar Jepang. Meski belum meluncur secara resmi, tapi konsumen sudah bisa melakukan pemesanan, dan pengiriman akan dilakukan mulai Agustus 2017.

Berbeda dengan model bensin, versi hibrida menggunakan mesin i-VTEC Atkinson berkubikasi 1.500 cc yang mampu memproduksi tenaga 110 Ps dan torsi 135 Nm. Tenaga mesin tersebut bisa menaik signifikan hingga 137 Ps, saat dikolaborasikan dengan motor listrik yang mengusung baterai lithium-ion dengan tenaga 29.5 Ps dan torsi 160 Nm.

paultan.org Honda Jazz Hybrid Facelift di Malaysia

Sistem transmisi sudah menggusung teknologi Sport Hybrid Intelligent Dual Clutch Drive (i-DCD) tujuh percepatan. Transmisi ini diklaim mampu mengatarkan tenaga lebih responsif dibandingkan CVT.

Teknologi motor listrik sudah mendapat penyempurnaan dengan rentang rasio yang lebar serta penerapan sistem rem servo elektrik. Hal ini membantu regenerasi energi saat perlambatan, bahkan untuk menghidupkan mesin sudah bisa langsung menggunakan motor listrik sehingga sisi efisiensi bahan bakar bisa lebih baik.

Untuk model bensin, masih menggunakan mesin yang sama dengan Jazz saat ini, yakni 1.5L i-VTEC empat silinder bertenaga 120 Ps. Tidak ada perbedaan signifikan sama sekali.

paultan.org Mesin Hybrid Honda Jazz
Baca : Honda Siapkan Jazz dan Brio Turbo ?

Honda memberikan sentuhan baru dengan menghadirkan gril, bumper depan, dan lip spoiler yang sedikit lebih panjang. Untuk saluran udara juga dikemas lebih besar, senada dengan ornamen lampu kabut. Fitur keyless entry dan push start-stop akan menjadi standar di seluruh varian Jazz, sedangkan untuk model tertinggi akan dilengkapi dengan enam kantung udara.

Sayangnya, meski sudah bisa melakukan pemesanan, namun Honda Malaysia belum membeberkan kisaran harga dari Honda Jazz facelift, baik untuk model bensin dan hibrida.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com