Kompas.com - 30/04/2017, 16:07 WIB
Ekspor Toyota terus digenjot dari Indonesia. Agung KurniawanEkspor Toyota terus digenjot dari Indonesia.
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Gerbang kerjasama Indonesia- Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IACEPA) yang dijalin Presiden Joko Widodo, mulai dimanfaatkan oleh Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).

Berpeluang untuk melakukan ekspor ke pasar dengan total keseluruhan 1,2 juta unit per tahun ini, pihak TMMIN mengaku sudah melakukan upaya pendekatan dan survei pasar Australia. Riset yang dilakukan, untuk mempertimbangkan pergerakan pasar otomotif Australia 5-10 tahun ke depan.

“Cek kondisi pasarnya secara aktual, bulan ini kami lakukan. Kami saat ini hanya memiliki data lama, jadi kami ingin tahu new market movement-nya seperti apa untuk lima tahun atau bahkan 10 tahun ke depannya,” ujar Warih Andang Tjahjono, Presiden Direktur TMMIN, saat ditanyakan KompasOtomotif,  Kamis (27/4/2017).

Warih melanjutkan,  kalau bayak orang berpikir, kalau pasar Australia didominasi oleh kendaraan sedan dan SUV besar. Namun pertanyaan yang muncul, apakah pada jangka waktu 10 tahun ke depan masih seperti itu kondisinya, atau ada pergerakan yang lain?

“Itu yang akan kami cek betul, marketnya cocok atau tidak. Ini bukan hanya Toyota, tapi semua industri otomotif Indonesia, yang lain biar bisa juga, kalau semua besar kan bagus untuk Tanah Air,” ucap Warih.

“Kami nanti akan update, di sana marketnya seperti apa dan bagaimana opportunity-nya. Lalu tidak ketinggalan juga terkait requirement dan regulasinya seperti apa,” tutur Warih.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.