Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mencoba Intim dengan Ayla 1.2 Tipe Tertinggi

Kompas.com - 26/04/2017, 17:07 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Bandung, KompasOtomotif – Masih banyak yang penasaran dengan pembaruan Astra-Daihatsu Ayla, terutama untuk pilihan mesin 1.200 cc. KompasOtomotif mendapat kesempatan untuk lebih intim dalam media test drive di kawasan Ciwidey, Bandung, belum lama ini, dan akan share lebih detail apa saja yang bisa didapatkan konsumen ketika memboyongnya.

Soal tampang sudah dijelaskan detail saat peluncuran, di mana Ayla baru punya wajah yang makin sporty sekaligus elegan, ditengok dari desain bagian depan, begitu juga pada buritan.

Itulah kenapa, pada kesempatan ini, KompasOtomotif akan fokus mencari tahu tentang kenyamanan duduk di dalam kabin, termasuk menggeber mesin baru dual VVT-I di tanjakan dengan muatan penuh.

istimewa Daihatsu Ayla 1.2L mempunyai banyak fitur baru untuk menunjang kenyamanan.
PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menyediakan Ayla 1.2 R Deluxe, atau tipe tertinggi, yang di pasaran dibanderol Rp 136,25 juta untuk tipe transmisi manual, dan Rp 146,25 juta buat tipe transmisi otomatis.

Perlu disorot pertama adalah kabin. KompasOtomotif merasa jok makin tebal dan empuk. Apalagi, pada baris depan, desain tempat duduk mirip bucket seat. Dekapannya makin erat, dan tentu rasa duduknya tambah nyaman.

Baca: Bagaimana Rasanya Menanjak Ekstrem dengan Ayla 1.2 A/T?

Sistem hiburan pada tipe ini sudah lebih keren, 2DIN yang bisa terkoneksi dengan Bluetooth. Tinggal pairing dengan gawai masing-masing, lagu pilihan sesuai selera bisa didengarkan melalui empat speaker.

Tapi sayang, kualitas suara yang dikeluarkan kurang ”nendang”. Kalau mau, ganti speaker atau tambah subwoofer dan tweeter agar dentuman bass dan renyahnya treble makin memanja telinga.

Jangan lupa, audio sudah bisa dikontrol dari setir. Misalnya untuk mengganti mode, dari radio ke CD, atau pindah ke mode Bluetooth. Termasuk juga volume dan pemindah channel radio serta track CD.

KompasOtomotif-Donny Apriliananda Bagasi New Ayla 1.2L cukup besar.
Satu hal lagi yang selalu impresif dari mobil murah KBH2 ini, kelegaan kabin di bagian belakang. Model baru memang tak selega model lama, karena desain jok yang makin tebal. Tapi itu masih relevan untuk ruang kaki, juga kepala, terutama buat penumpang bertinggi badan di atas 170 cm.

Bagasi? Muat banyak, cukuplah buat keluarga kecil yang kerap membawa stroller bayi atau tas-tas perlengkapan bepergian. Apalagi ada tray pemisah antara kompartemen bawah dan atas, membuat separasi ruang makin dinamis. Ini masih ditambah adanya jaring untuk mencegah barang ”loncat”.

Menyalakan mesin, jauh bedanya dengan tipe 1.000 cc 3-silinder. Getarannya makin halus dengan suara yang lebih tak terdengar di kabin.

Soal tenaga dan rasa mengendarainya, akan KompasOtomotif jabarkan dalam artikel lanjutan. Sementara, simak video rangkumannya berikut ini:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com