Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapa yang Cocok Naik Ayla 1.0L dan 1.2L?

Kompas.com - 09/04/2017, 15:05 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – ”Dipecahnya” segmen pengguna Astra Daihatsu New Ayla dengan varian baru mesin 1.2L selain tipe sebelumnya 1.0L, berpeluang bikin konsumen bimbang. Tapi, buat patokan, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sebenarnya sudah memilah, siapa yang cocok buat keduanya.

Dalam peluncuran New Ayla di Daihatsu Logistic Center, (7/4/2017), ADM membeberkan bahwa keduanya memang diciptakan untuk segmen yang berbeda. Core-nya sama, orang-orang yang cari mobil dengan harga terjangkau, tapi siapa yang menaikinya, bisa jauh berbeda.

”1.0L untuk keluarga baru yang pertama kali punya mobil. Mereka butuh dengan mobil yang harganya terjangkau. Kalau 1.2L, mereka yang masih muda, punya orang tua kaya mungkin, yang sanggup membelikan mobil dengan kemampuan lebih,” kata Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran ADM.

Lebih detail, Chief Engineer Daihatsu Motor Co. Ltd Nobuhiko Oono, mengatakan bahwa fokus Daihatsu untuk New Ayla 1.0L adalah selain keluarga yang memikirkan faktor ekonomis, tetapi juga ingin mobil yang nyaman dan aman.

”Ayla 1.2L bisa untuk first jobber (orang yang baru bekerja). Mereka stylish, ingin nyaman, dan sangat concern dengan performa berkendara dan kestabilan sebuah mobil,” ujar Oono.

New Ayla 1.0L dan 1.2L memang cukup jauh berbeda. Selain mesin, tampilannya juga lebih sporty dan elegan. Kelengkapan fitur tentu mengikuti, termasuk penggunaan audio dengan layar sentuh. Harga tipe 1.2L bahkan mendekati dan beririsan dengan Sigra.

Soal Sigra dan Ayla 1.2L, Amelia kembali menegaskan bahwa meski sama-sama menggunakan mesin 1.200 cc, namun Ayla tak akan bersinggungan dengan Sigra. Harga memang mirip, namun Sigra akan tetap lebih diperhatikan konsumen keluarga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com