Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukti Komitmen AHM Kembangkan Vokasi Industri di SMK

Kompas.com - 21/04/2017, 17:23 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – PT Astra Honda Motor (AHM) melanjutkan penguatan pendidikan vokasi industri melalui pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Bersama dengan Kementerian Perindustrian (Kemenperin), kali ini AHM fokus membidik SMK di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Kemenperin menggandeng AHM untuk bersama meningkatkan sumber daya manusia melalui vokasi yang kuat di Tanah Air. AHM sendiri sudah memiliki 647 SMK binaan yang tersebar di 30 provinsi dengan implementasi Kurikulum Teknik Sepeda Motor (KTSM) Astra Motor.

Baca : AHM Ikut Kembangkan Pendidikan Vokasi SMK

Bentuk kepercayaan ini ditandai dengan penandatanganan kerja sama AHM dengan 15 SMK di Jawa Tengah dan Yogyakarta, yang juga dilakukan dalam rangkaian acara Peluncuran Program Pendidikan Vokasi Industri Kementerian Perindustrian di Semarang, Jawa Tengah (21/04).

Proses penandatanganan langsung disaksikan oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto serta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy. AHM juga memberikan bantuan berupa satu unit sepeda motor dan special tools kepada 15 SMK yang akan menjadi sekolah Mitra binaan AHM.

KompasOtomotif-Donny Manajemen Astra Honda Motor mengamati siswa yang sedang praktik

Ketua Program Pendidikan Satu Hati AHM Ahmad Muhibbuddin, mengatakan pengembangan SMK berbasis kompetensi merupakan kelanjutan implementasi Instruksi Presiden (Inpres) No. 9 Tahun 2016 mengenai Revitalisasi SMK yang sudah dimulai oleh Kemenperin pada tahun lalu.   

"Kami berkomitmen memperkuat pengembangan pendidikan vokasi di Indonesia melalui penerapan Kurikulum KTSM Astra Honda di SMK. Kami yakin jika dikelola dengan baik, SMK akan mampu melahirkan generasi muda terampil yang dibutuhkan industri," ucap pria akrab disapa Muhib dalam siaran resminya, Jumat (21/4/2017).

Baca : Pemerintah Siapkan Insentif Vokasi Buat Industri

Dalam implementasi KTSM Astra Honda di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, AHM berkerjasama dengan Main Dealer Honda Jawa Tengah Astra Motor Semarang dan Main Dealer Honda Yogyakarta Astra Motor Yogyakarta. Saat ini total SMK Binaan Honda di Jawa Tengah sudah mencapai 82 SMK yang tersebar di 34 Kabupaten. Sementara di Yogyakarta sudah ada 14 SMK.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com