Kuasai ”Market Share”, Grup Astra Mau Bagi-Bagi

Kompas.com - 20/04/2017, 18:15 WIB
Direksi Grup Astra dalam Rapat Umum Pemegang Saham 2017 di Jakarta KompasOtomotif-donny aprilianandaDireksi Grup Astra dalam Rapat Umum Pemegang Saham 2017 di Jakarta
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Kuartal pertama 2017 menjadi pijakan penting PT Astra International Tbk (AI) untuk mencetak hasil baik hingga akhir tahun. Perusahaan menguasai market share dari industri otomotif, baik pada gabungan merek roda empat maupun di segmen roda dua.

Berdasarkan laporan terakhir, Grup Astra menguasai 57 persen pasar roda empat nasional, disumbang oleh Toyota, Daihatsu, Isuzu, dan Peugeot. Sementara di roda dua, ada Honda yang sangat absolut menguasai 77 persen pasar selama kuartal pertama 2017.

”Kondisinya memang membaik karena ada beberapa hal. Pertama, perbaikan di pasar otomotif, termasuk volume dan pangsa pasar. Walau pun di roda dua ada penurunan, pangsa pasar Honda meningkat,” ujar Prijono Sugiarto, Presiden Direktur AI, di Jakarta (20/4/2017).

Tahun ini, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menargetkan pasar mobil 1,1 juta unit. Sedangkan Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) membidik 5,9 juta sampai 6 juta unit (sama dengan tahun lalu).

Grup Astra dalam hal ini akan berusaha memberi kontribusi baik dari apa yang ditargetkan asosiasi, sembari menunggu iklim perekonomian yang lebih kondusif. Secara khusus, Prijono melihat bahwa pada bisnis roda empat, MPV masih menjadi jagoan.

”Kalau Anda lihat, LCGC yang sekarang KBH2, 5-seater laku, begitu ada 7-seater jauh lebih laku. Kami sadar di Indonesia dibutuhkan kendaraan untuk family yang muat banyak,” kata Prijono.

Lalu, apakah maksudnya adalah mempertahankan market share 57 persen roda empat dan 77 persen roda dua sampai akhir tahun?

”Mudah-mudahan. Tentu yang sudah kami raih pertahankan, seperti motor. Kalau mau lebih lagi, ya saya kira kami kan juga harus bagi-bagi,” ucap Prijono merendah.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X