Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kupas Detail Suzuki Ignis

Kompas.com - 18/04/2017, 08:02 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Akhirnya Suzuki Ignis resmi meluncur di Indonesia. Mobil city car yang datang dengan tampilan urban sport utility vehicle (SUV) ini diklaim menghadirkan sebuah genre baru di pasar otomotif Indonesia.

Lantas apa saja modal Ignis untuk bertarung di segmen city car yang selama ini didominasi oleh Honda Brio. Untuk lebih detail, simak pembahasan ringannya

Eksterior

Desain eksterior menjadi bagian yang paling menarik dari Ignis. Tampilan urban SUV, sudah ditonjolkan dari nampak depan melalui karakter kotak kecil pada bagian gril, fender garnish pada sisi kanan dan kiri, roof rail di bagian atas, serta penyematan slitlike pada pilar C yang mengesankan mobil bergerak cepat.

Unsur stylish dipamerkan melalui lampu depan yang mengusung LED Projector lengkap dengan daytime running light (DRL) untuk tipe GX yang jadi model tertingginya. Sedangkan di bagian samping,  setelah pintu baris kedua terdapat tiga corak garis. Bila diteliti, ternyata tiga garis ini mirip dengan kepunyaan Suzuki Fronte yang pernah hadir pada era 1970-an.

Stanly/KompasOtomotif Suzuki Ignis diklaim sebagai urban SUV

Ignis memiliki tampilan belakang yang cukup unik. Pintu bagasi yang sekaligus menjadi kaca dibuat landai dengan tekukan berbentuk kotak, dikolaborasikan dengan flare fender dan juga rear bumper garnish yang melintang horizontal berkelir hitam, makin mengentalkan kesan SUV.

Baca : Apa yang Beda dengan Suzuki Ignis Versi Indonesia

Sektor kaki-kaki diperkuat dengan pelek 15 inci dan ground clearance setinggi 180 mm. Jarak ini diklaim membuat Ignis tetap aman saat melaju di lintasan offroad ringan.

Interior

Tidak hanya soal tampilan, interiornya pun dirancang dengan konsep modern dan futuristik. Konsep warna dibuat senada dengan eksterior, sedangkan model jok dibuat ala bucket seat.

Stanly/KompasOtomotif Interior Suzuki Ignis

Sitem kemudi sudah dilengkapi tombol kontrol untuk multi information display (MID) dan sistem audio, sampai kelengkapan indikator di balik kemudi yang berguna untuk memantau ragam informasi mengenai kendaraan. Kesan modern ditampilkan melalui fitur auto climate control dan heater yang memiliki desain serupa dengan head unit, yakni floating atau terpisah dari dasbor.

Untuk model tertinggi, Ignis juga sudah dilengkapi fitur start/stop button untuk mengaktifkan mesin melalui satu tekanan.

Stanly/KompasOtomotif Kelengkapan fitur Suzuki Ignis

Meski memiliki desain kompak, tapi kabin Ignis cukup lapang untuk orang dewasa. Pada baris pertama, pengendara dan penumpang akan dimanjakan dengan ruang kaki dan kepala yang cukup lapang, demikian juga pada baris kedua. Tapi bila jok baris pertama di mundurkan, konsekuensinya ruang kaki di baris kedua akan berkurang.

Mesin

Ignis hadir menggunakan mesin milik Splash, yakni empat silinder 1.197 cc DOHC. Dikawinkan dengan transmisi manual lima percepatan dan Auto Gear Shift (AGS), mesin tersebut mampu menghadirkan tenaga sebesar 83 ps pada 6.000 rpm dan torsi 113 Nm pada 4.200 rpm.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com