Kompas.com - 30/03/2017, 08:22 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

London, KompasOtomotif – Masih dalam perjuangan memerangi polusi udara, Walikota Paris dan London mengumumkan skema baru, untuk memantau emisi kendaraan. Tujuannya tentu meningkatkan kualitas udara di dua ibukota tersebut, mengutip Reuters, (29/3/2017).

Walikota Paris Anne Hidalgo dan Sadiq Khan dari London  mengatakan, skema akan mengatur sistem penilaian untuk mengidentifikasi emisi real-life dari mobil, dengan tujuan menyediakan konsumen informasi yang lebih akurat terkait emisi mobilnya.

"Kami harus bisa mengatur sistem penilaian yang andal, untuk pengetahuan semua warga negara kami dan memungkinkan mereka mengetahui emisi apa yang dikeluarkan kendaraan mereka," tutur Hidalgo pada konferensi internasional tentang polusi udara.

Skema ini mengandalkan pengujian yang di jalan oleh emissions analytics  dan International Council for Clean Transportation, dan mengalokasikan skor masing-masing model mobil, berdasarkan polusi udara yang dipancarkan.

"Skema baru ini akan mengakhiri bencana polusi dan memberikan penduduk London dan Paris evaluasi yang jujur, akurat dan independen terkait emisi kendaraan di jalanan kami," kata Khan.

"Menangani emisi kendaraan adalah prioritas, jika Anda berencana untuk mereduksi polusi udara di kota Anda," kata Wonsoon Park, Walikota Seoul, yang juga berencana ikut mencoba skema yang sudah disepakati Paris dan London.

Khan menginformasikan, 9.000 orang di London meninggal muda setiap tahun karena polusi udara. Sementra di Paris, kata Hidalgo, angkanya mencapai 2.500 orang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.